Device dengan Snapdrgon 800/801 Tidak Dapat Menikmati Android 7.0 Nougat?

Device dengan Snapdrgon 800/801 Tidak Dapat Menikmati Android 7.0 Nougat?

0

Cover Nougat

Beberapa OEM smartphone baru saja mengumumkan daftar device yang akan mendapatkan update terbaru dari Android 7.0 Nougat, seperti Sony dan HTC. Bahkan seri Nexus dari Google sudah mengumumkannya lebih dahulu dari OEM lainnya.

Namun ternyata, dari OEM yang disebutkan semuanya memiliki kesamaan dalam urusan update Android 7.0 Nougat, bukan dalam pendistribusian update Android Nougat akan tetapi lebih ke urusan perangkat yang tak kebagian Android Nougat.

Dari Sony ada seri Xperia Z3, sedangkan HTC ada seri One M8, dan untuk Google Nexus seri Nexus 5 juga tak kebagian update Android 7.0 Nougat.

Lalu apa kesamaan dari ketiga device tersebut?

Ketiga device tersebut merupakan device yang sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 800/801, jadi bisa disimpulkan bahwa device dengan prosesor tersebut tak akan kebagian update Android 7.0 Nougat.

Alasan pastinya masih belum diketahui, namun DroidPoin memperkirakan bahwa ada 2 kemungkinan yang mungkin jadi pertimbangan atau alasan dari Google serta OEM lainnya tak menyertakan device dengan prosesor tersebut dalam pendistribusian update Android 7.0 Nougat kali ini.

Pertama adalah umur dari smartphone tersebut, harus diakui karena terlalu banyak perangkat Android di luar sana, Google dan OEM lain sepertinya membatasi umur smartphone yang akan mendapatkan update Android baru, biasanya jika umur sebuah smatphone telah melebihi 2 tahun, maka device tersebut tak akan lagi didukung atau lebih tepatnya mendapatkan update Android terbaru.

Kedua, mungkin karena Prosesor Snapdragon 800/801 tak masuk standar kualifikasi yang sudah ditentukan oleh Google untuk mendapatkan Android 7.0 Nougat, bahkan kabarnya device dengan Snapdragon 800/801 tidak lulus CTS (Compatibility Test Suite) dan tidak sesuai dengan CDD (Compatibility Definition Document) dari Android 7.0 Nougat.

Padahal menurut Sony, device Xperia Z3 yang menggunakan prosesor Snapdragon 800/801 masih dapat menjalankan Android 7.0 Nougat dengan baik dan juga tak mengalami masalah.

Namun sayang, “nasi telah menjadi bubur” dan kini device dengan Snapdragon 800/801 sudah tak masuk dalam daftar device yang akan mendapatkan update Android 7.0 Nougat.

So, bagi kamu pemilik device yang memakai Snapdragon 800/801, bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini?

via Android Authority

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!