11 Cara Mengatasi Android Lemot

11 Cara Mengatasi Android Lemot

0

Cara mengatasi Android lemot-1Salah satu yang dikeluhkan oleh pengguna Android adalah: performa lambat alias lemot. Terlebih buat kamu yang punya smartphone/tablet Android dengan spesifikasi yang pas-pasan.

Lemotnya Android ini ada sebabnya, diantaranya karena proses yang berjalan terlalu banyak yang menyebabkan RAM terkuras. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nah, kali ini DroidPoin bakal memberikan tipsnya buat kamu, untuk mengatasi masalah lambatnya Android yang kamu miliki, agar kembali cepat dan lancar.

1. Uninstall aplikasi yang jarang atau tidak dipakai sama sekali

Cara mengatasi Android lemot-6

Menguninstall aplikasi Android adalah salah satu cara untuk mengatasinya, karena aplikasi Android tersebut biasanya tetap dalam kondisi dibuka, meskipun tidak dibuka. Artinya, RAM pun ‘dimakan’ aplikasi.

2. Matikan animasi pada launcher

Menggunakan animasi dengan efek tertentu ketika bergeser atau scrolling pada launcher, akan membuat performa menjadi lamban. Sebaiknya hindari penggunaan animasi ini pada pengaturan launcher yang kamu miliki.

3. Tutup aplikasi yang sudah tidak dibuka lagi

Cara mengatasi Android lemot-5

Baru saja membuka aplikasi dan sudah keluar dari aplikasi? Sebenarnya aplikasi itu tidak sepenuhnya keluar. Untuk menutupnya, tekan tombol recent apps atau menu, lalu geser aplikasi yang diinginkan ke kiri atau ke kanan.

4. Buatlah home screen sesimpel mungkin

Cara mengatasi Android lemot-4

Home screen yang penuh dengan aplikasi ataupun widget, sangat mempengaruhi proses di homescreen, RAM pun akan terkuras. Solusinya, buatlah home screen di layar Android kamu sesimple mungkin, dengan menaruh hanya aplikasi yang sering digunakan dan jika ada yang punya satu kesamaan, bisa gabungkan didalam satu folder aplikasi, dan gunakan widget yang dibutuhkan saja.

5. Hapus file lama atau file yang tidak dipakai lagi

Menghapus file lama atau file yang sudah tidak digunakan lagi seperti gambar, video, musik, atau file lainnya, selain membuat memori lebih hemat, juga dapat membuat proses pada Galeri dan file manager juga menjadi lebih cepat.

Kamu bisa mencari file-file ini di Galeri maupun di File Manager smartphone atau tablet Android kamu.

6. Hapus Bloatware

Smartphone atau tablet Android biasanya dijejali dengan aplikasi bawaan atau Bloatware yang tidak hanya membuat memori internal berkurang, tapi juga membuat RAM berkurang.

Bloatware-bloatware ini juga bisa tidak berguna, dan hanya terkesan ‘mengotori’ smartphone/tablet Android saja. Untuk menghapusnya, kamu harus melakukan Root terlebih dulu pada smartphone/tablet Android yang dipakai.

7. Paksa tutup semua aplikasi Android

Cara mengatasi Android lemot-7

Dengan memaksa tutup semua aplikasi Android yang ada di perangkat kamu, kerja RAM dan prosesor bisa lebih ringan dibandingkan sebelumnya.

Untuk menutup paksa atau force stop, kamu bisa membuka Settings – Apps – Running. Kamu bisa memilih aplikasi apa saya yang diinginkan untuk di tutup paksa.

Kalau mau yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang fungsinya untuk menghentikan dan ‘menidurkan’ aplikasi Android yang tidak dibuka. Kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store.

8. Update software OS Android

Lakukanlah cek update software sesering mungkin, dan jika ada update, update saja. Karena update software ini juga bisa membuat performa smartphone meningkat dan membawa sejumlah perbaikan managemen proses di smartphone/tablet Android kamu.

Caranya, buka Settings – About Phone/About Tablet – Update Software.

9. Overclock prosesor smartphone atau tablet Android kamu

Overclock bisa menjadi salah satu jawaban lain kalau menginginkan performa smartphone/tablet Android yang lebih baik lagi. Meski begitu, overclock dapat menyebabkan baterai yang lebih boros dibandingkan jika belum di overclock.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi overclock prosesor ini di Google Play Store. Ada kemungkinan, aplikasi ini membutuhkan Root di smartphone/tablet Android kamu.

10. Batasi proses yang berjalan secara background

Cara mengatasi Android lemot-3

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background atau latar belakang akan membuat RAM semakin sesak, dan membuat performa menurun.

Untuk solusinya, kamu harus mengaktifkan Developer Mode pada smartphone/tablet Android kamu, lalu pilih Background process limit, dan kamu bisa membatasi atau bisa memilih tidak mengizinkan sama sekali aplikasi diproses di background.

11. Hard reset

Cara mengatasi Android lemot-2

Ini bisa jadi satu-satunya jalan kalau smartphone/tablet Android kamu masih saja lambat atau lemot. Tapi, sebelum kita masuk ke caranya, perlu diingat kalau hard reset akan membuat semua data dan aplikasi di smartphone/tablet Android kamu hilang, dan persis seperti kondisi ketika awal pembelian perangkat Android. Jadi, sebaiknya buatlah cadangan atau back-up terlebih dulu.

Cara melakukan hard reset ini bisa dilakukan di Settings – Backup & reset – Factory data reset.

Itu dia, 11 cara mengatasi agar smartphone atau tablet Android kamu tidak lambat atau lemot. Semoga berguna buat kamu… 😀

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!