Cara Download dan Install Cortana di Android (+Tips)

Cara Download dan Install Cortana di Android (+Tips)

0

cortana-android_01Ketika masing-masing OS berperang asisten virtual pada sistem operasinya masing-masing, Microsoft tidak. Mereka meluncurkan asisten virtual Cortana ke Android.

Cortana sendiri pertama kali hadir di Windows Phone 8.1 yang dirilis pada 2014 lalu. Kini, Cortana juga ada di Windows 10 pada PC.

Tapi untuk mendownload Cortana untuk Android di Indonesia, dikatakan tidak tersedia jika lewat Google Play.

Lalu, gimana cara download dan install Cortana untuk Android ini?

Download terlebih dahulu file .apk terbaru Cortana untuk Android disini. Sebelum menginstall, pastikan sudah memilih Unknown Sources pada Settings – Security.

Jika sudah, install Cortana dan perhatikanlah permission yang ada. Pilih install dan proses installasi akan berjalan.

Cortana Android-1

Setelah selesai, pilih Open, lalu Cortana akan kembali meminta izin pengguna smartphone untuk mengumpulkan dan memakai beberapa informasi untuk digunakan di Cortana. Disarankan pilih “I Agree”.

 

Tahap kedua adalah memasukan nama panggilan di Cortana. Nama ini sendiri bisa diisi sesuka hati kamu. Setelah selesai, pilih “Enter”.

Cortana Android-2

Selesai. Cortana sudah siap dipakai. Untuk memakainya, cukup sentuh tombol mic.

Untuk bahasanya sendiri, Cortana belum mendukung bahasa Indonesia, sehingga bahasa Inggris adalah bahasa yang paling mudah untuk menggunakan Cortana.

Tips

  • Jika kamu ingin menggunakan Cortana sebagai asisten virtual default kamu, cukup tekan tombol Home selama beberapa detik, lalu pilih Cortana dan “Default open with the application”.

Cortana Android-4

  • Jika kamu ingin langsung berbicara dengan Cortana tanpa harus membuka aplikasi Cortana, kamu bisa masuk ke Cortana, lalu swipe layar ke kanan (atau tekan tombol hamburger atau garis tiga di pojok kanan atas), pilih Settings, lalu pilih “Cortana voice shortcut”.

Cortana Android-3

  • Jika kamu ingin mengucapkan Hey Cortana saat memakai Cortana (berfungsi untuk menggantikan tombol mic), kamu buka Cortana, swipe layar ke kanan, pilih Settings, pilih “Hey Cortana”

Cortana di Android ini sendiri memang masih belum sesempurna di Windows Phone/Windows 10 yang bisa dipanggil kapanpun tanpa membuka Cortana. Di Android, fitur tersebut terkadang bisa berjalan dan tidak.

Selamat mencoba… ☺

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!