5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

0

Perkiraan Update Android 7.0 Nougat pada Beberapa Brand Smartphone

Jika kuota pada ponsel Android kamu mulai menipis pastinya kamu harus segera membatasi berbagai macam hal agar kuota milikmu mencapai batas waktu yang ditentukan, namun kalo kamu masih memiliki duit cadangan tentunya cukup beli kuota lagi aja!

Numun bagaimana kalo pada saat itu kamu berada pada akhir bulan ‘tanggal tua’ dan benar-benar bokek, tak punya duit cadangan sama sekali?

Ada 3 opsi yang bisa kamu gunakan, yang pertama dan paling recomended adalah dengan menghemat kuota kamu hingga awal bulan / hingga batas waktu yang ditentukan, sedangkan opsi kedua adalah nebeng ke wifi teman kamu, sedangkan yang ketiga sangat tidak DroidPoin rekomendasikan yah, yakni dengan cara ngutang pulsa. :v

Kalo opsi nomor 2 dan 3 itu sih urusan kamu masing-masing yah, tapi untuk opsi nomor 1 DrodiPoin akan berikan tipsnya.

1. Atur limit data

5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

Jika kamu baru saja membeli kuota ada baiknya jika kamu langsung membatasi penggunaan data (mengatur limit data), pastikan kamu batasi dulu setengahnya. Misalnya jika kamu memiliki kuota 10 GB batasi terlebih dahulu setengahnya (5 GB) atau 3/4 dari kuota kamu.

Dengan begitu kamu bisa dengan nyaman menggunakan kuota tanpa harus takut kehabisan, karena kamu masih memiliki sisa kuota yang cukup. Untuk mengatur limit data cukup pergi ke Settings > Data Usage.

2. Batasi penggunaan data di bakground

5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

Jika kamu sadah sampai pada batas limit data yang tadi diatur, dan masih tersisa sekitar 10 hari lagi, maka kamu tenang saja kerena kamu berhasil melewati 20 hari dengan kuota yang sama.

Namun, jika seandainya masih tersisa 15 hari lagi maka salah satu opsi yang harus kamu lakukan adalah dengan membatasi penggunaan data di background. Caranya cukup mudah cukup pergi ke Settings > Data Usage > Tap tiga titik di bagian kanan atas > Restrict background data > O.K.

3. Gunakan ‘data saver’ pada Browser

5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

Jika ingin lebih menghemat lagi kuota kamu, maka salah satu opsi lainnya yang dapat kamu ambil adalah dengan mengaktifkan data saver pada browser kamu.

Jika kamu menggunakan Chrome cara mengaktifkannya adalah dengan pergi ke Chrome > Settings > Data Saver > ON

4. Mematikan Auto Update Aplikasi di Google Play Store

5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

Jika semua cara diatas sudah dilakukan, mungkin inilah opsi terakhit yang biasanya menyedot kuota cukup banyak yaitu update aplikasi di Play Store.

Jika kamu memilih auto update maka aplikasi yang mendapati pembarua akan update secara otomatis, karena hal itu kuota kamu akan ikut tersedot cukup banyak. Kamu harus merubah opsinya ke ‘do not auto-update app‘ atau ‘auto-update apps over Wi-Fi only‘.

5. Mengatur Penggunaan Data pada Aplikasi

5 Tips Untuk Menghemat Kuota di Android

Selain kamu harus mengatur data limit, jika ingin lebih hemat maka kamu juga harus menonaktifkan penggunaan data pada aplikasi yang menurutmu tak terlalu penting misalnya saja aplikasi Google Foto. Aplikasi tersebut akan mengupload foto kamu ke Google Drive secara otomatis jika kamu tak mengaturnya.

cara untuk menonaktifkannya adalah dengan membuka Google Foto > Menu Burger > Setelan > Cadangan & sinkronisasi > Nonaktifkan.

Itulah beberapa cara untuk menghemat kuota pada Android kamu, bagaimana sangat mudah bukan caranya?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!