Cara Menggunakan AutoText di Android

Cara Menggunakan AutoText di Android

0

autotext-android

AutoText dirancang sebagai pengganti shortcut text tertentu yang mana bila kamu ketikkan sebuah kata nantinya akan diganti dengan simbol ataupun font yang terlihat asing dan fitur tersebut hanya preloaded di perangkat Blackberry.

Misalnya ketika kamu mengetikkan kata “hahaha”, secara otomatis sistem akan merubah kata tersebut menjadi нɑɑ˘°˘нɑɑ˘°˘нɑɑ ˘•˘=D. ˘°˘˘•˘=D=D˘•˘˘°˘” atau sejenisnya di setiap mengetikkan shortcut text tersebut.

Library untuk autotext sendiri sudah banyak bertebaran di Google PlayStore dalam bentuk aplikasi, tapi sayangnya kamu harus meng-copy manual kata perkata tersebut saat akan digunakan.

Tapi ada cara untuk dapat menggunakannya tanpa bolak-balik copy-paste, yakni dengan memanfaatkan fitur Dictionary di Google Keyboard. Berikut ialah cara menambahkan shortcut diperangkat Android dengan Google Keyboard:

Pergi ke menu Settings dan pilih Language & Input lalu pada form menu Keyboard & Input Methods pilih Google Keyboard. Bisa juga dengan membuka pengaturan Google Keyboard settings di tombol simbol keyboard ,’ atau koma secara long-press.

Pilih menu Dictionary Personal dictionary > Pilih bahasa > Tekan tombol Add “+”.

dictionary-google-keyboard

Masukkan Autotext yang diiginkan di form Type a word dan masukkan kata shortcut yang nantinya akan di jadikan keyword yang muncul untuk Autotext tersebut di form Shortcut lalu tekan tombol OK.

Bila kamu belum memilki sample untuk Autotext, dapat unduh kumpulan autotext disini. Fitur wajib yang juga harus di aktifkan ialah Suggested Word yakni di menu Text Correction Show Suggestion. (Baca: Cara Menonaktifkan AutoCorrection dan Suggested Word di Google Keyboard Android)

autotext-google-keyboard-android

Bila telah mengikuti semua tutorial seperti di atas mari kita coba, buka aplikasi yang ingin kita gunakan sebagai pengirim pesan Autotext dan ketikkan shortcut text yang telah dibuat maka nantinya Autotext akan tertampil di deretan Suggested Word yang tinggal kamu pilih.

autotext-google-keyboard-android-bbm

Cara ini lebih efisien ketimbang harus mondar-mandir copy-paste, namun tentu saja kamu harus menginputkan satu persatu Autotext terlebih dahulu dan pastinya tidak ada batasan untuk memasukan AutoText tersebut.

Terlebih lagi fitur ini tidak hanya dapat kamu manfaatkan untuk Autotext melainkan juga dapat kamu jadikan sebagai kata singkat versi kamu, contoh kamu masukkan kata “ILY” nantinya bisa tertampil “I love You” atau sebagainya sekreatif kamu.

Fitur tersebut tidak hanya ada di Google Keyboard, melainkan juga ada di aplikasi keyboard lainnya tetapi dengan nama fitur yang berbeda jadi tinggal kamu sesuaikan saja karena konsep menggunakannya sama.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!