Cara Capture Screenshoot di Semua Perangkat Android

Cara Capture Screenshoot di Semua Perangkat Android

0

htc-take-screenshoot

Fitur Screenshoot telah menjadi fitur standar Android sejak berada di Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), yang berarti untuk versi di bawahnya harus dibantu dengan aplikasi pihak ketiga dan memerlukan akses root untuk itu.

Fungsi screenshoot sendiri pastinya tidak lepas dari mengambil gambar yang ada dilayar perangkat Android dan tentu saja itu sangat di perlukan pada beberapa orang untuk menjelaskan lebih detil apa yang harus dilakukan.

Dan secara umum, untuk semua perangkat Android agar dapat mengambil Screenshoot bisa menggunakan tombol kombinasi yakni dengan menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga nantinya perangkat Android kamu berkedip serta mengeluarkan suara mengambil foto.

Terkadang pesan pop-up atau pemberitahuan peringatan juga akan muncul, yang mana menunjukkan bahwa screenshoot telah berhasil dibuat.

Tetapi ada juga beberapa perangkat Android seperti HTC dan Samsung seri Flagship untuk mengambil screenshoot harus menekan tahan tombol Power lalu menekan tombol Home secara cepat hingga layar berkedip dan mengeluarkan suara mengambil foto.

Bagaimana dengan Tombol Volume Bawah yang Tidak Berfungsi?

Selain menggunakan tombol kombinasi, beberapa OEM perangkat Android juga tidak lupa menempatkan fitur screenshoot alternatif di salah satu menu yang mudah untuk ditemukan seperti yang telah sedikit kita rangkum sebagai berikut:

  • Sony : Masuk ke mode Power Option menu dengan menahan tombol power.
  • Xiaomi : Berada pada Toogle Notification.
  • Samsung Note Series : Jalankan Air Command dan pilih Screen Write.
  • Samsung Flagship Series : Menggunakan Hand Gesture yang hanya perlu meletakkan tangan di sisi perangkat, mengaktifkannya pergi ke menu SettingMotion and Activate Palm swipe to Capture.

Dan perangkat Android lainnya sebagian besar juga ditempatkan di menu toogle notification yang bisa kamu explore lebih jauh lagi.

samsung-galaxy-note3-air-command

Sulit Menemukan Menu Alternatif Screenshoot

Bila kamu belum menemukannya, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga gratis yakni ScreenShoot Capture yang dikembangkan oleh App Doodle. Aplikasi ini memilki beberapa metode yang bisa menghasilkan gambar Screenshoot yang bisa kamu pilih seperti Button Combo, Overlay, dan Shake Device.

Dan itulah berbagai cara agar dapat mengambil gambar Screenshoot di semua perangkat Android yang bisa kamu terapkan. Yang perlu diingat, pastinya tidak semua metode pengambilan gambar di layar pada perangkat Android tersebut sama namun hingga kini secara umum untuk mengambil screenshoot ialah tombol kombinasi tersebut.

Bila nantinya ada pembaruan untuk melakukannya dan kami juga menemukan cara pintas lain, pastinya kami akan meng-update isi artikel ini serta dengan cepat memberitahukannya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!