Apa Perbedaan SDHC dan SDXC?

Apa Perbedaan SDHC dan SDXC?

0

Apa Perbedaan SDHC dan SDXC?

Dulu, waktu pertama kali punya smartphone, saya sendiri cukup bingung mengenai SDcard yang cocok untuk ponsel saya. Saya kira semua SDcard itu sama, namun ternyata ada banyak sekali perbedaan SDcard untuk ponsel kamu mulai dari SD, SDHC dan SDXC, hingga perbedaan class dan juga UHS.

Nah, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan berikan sedikit penjelasan apa itu perbedaan SDHC dan SDXC.

Dipasaran ada 3 jenis kartu memori yang dijual, yakni SD, SDHC dan SDXC.

 

SDCard Standar

SD merupakan kartu memori SDcard standar dengan kapasitas 128 MB hingga 2 GB dan memiliki format bawaan FAT16. Jenis kartu ini akan kompatibel digunakan di perangkat yang mensupport semua jenis kartu memori SD (SD, SDHC dan SDXC).

 

SD High Capacity

Sedangkan SDHC (SD High Capacity) merupakan kartu memori yang berbasis pada SDA 2.0, kapasitas SDHC berada dikisaran 4GB hingga 32GB dan memiliki format bawaan FAT32. Karena SDHC bekerja secara berbeda dari kartu SD standar, maka ia tidak kompatibel dengan perangkat yang mendukung SDcard standar (128MB – 2GB), akan tetapi hampir sebagian besar perangkat yang dibuat pada tahun 2008 biasanya sudah kompatibel dengan SDHC.

 

SD Extended Capacity

Untuk SDXC (SD Extended Capacity) merupakan kartu memori yang berbasis pada SDA 3.0, kapasitas SDXC berada dikisaran 64GB hingga 2TB dan formatnya pun berbeda dengan SDHC, format kartu memori SDXC adalah exFAT. Karena cara kerjanya berbeda dengan SD dan SDHC, biasanya perangkat yang kompatibel dengan SD dan SDHC tidak bisa menggunakan kartu ini.

 

UHS (Ultra High Speed)

Selain itu ada juga generasi terbaru dari SDHC dan SDXC yakni UHS I dan UHS II, UHS merupakan singkatan dari Ultra High Speed (Phase I dan II) yang mana di desain khusus untuk SDHC dan SDXC, kartu SD tipe inilah yang paling sering digunakan saat ini baik itu pada smartphone, camcorders, kamera, dll.

UHS I memliki transfer rate hingga 50MB/s (UHS-50) dan 104MB/s (UHS-104). Sedangkan UHS II transfer ratenya mencapai 156MB/s dan 312MB/s.

Tidak ada permasalahan kompabilitas untuk UHS Card karena dapat digunakan pada hampir seluruh perangkat yang memang mendukung UHS dan juga yang tidak ada UHS sama sekali.

 

Lalu, apa bedanya antara SDHC dan SDXC?

Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara SDHC dan SDXC, kecuali format yang digunakan pada SDHC dan SDXC dan juga Kapasitas yang akan kamu dapatkan. Jadi, cari saja yang sesuai dengan dukungan pada ponsel, camcorders atau juga kamera yang kamu punya.

Untuk masalah kecepatan tergantung dari class kartu memori yang kamu gunakan, ada 5 jenis class pada kartu memori yakni class 2, 4, 6, 8, 10.

Kecepatannya sesuai dengan class yang kamu gunakan, misalnya jika kamu menggunakan class 2 maka kecepatan transfer data minimum yang akan kamu dapatkan adalah 2MB/s, jika 4 maka 4MB/s, dan begitu juga seterusnya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai apa perbedaan SDHC dan SDXC, semoga bermanfaat.

via Sandisk

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!