Apa itu Bloatware di Android?

Apa itu Bloatware di Android?

0

Apa itu Bloatware di Android?

Apakah kamu merasa pernah mendengar istilah Bloatware? Biasanya istilah Bloatware ini seringkali berhubungan dengan penuhnya penyimpanan pada Android ataupun PC/Laptop.

Nah, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan berikan sedikit penjelasan mengenai apa sih yang dimaksud dengan Bloatware di Android.

Pada dasarnya Bloatware pada PC ataupun mobile (Android) keduanya merupakan hal yang sama yakni aplikasi bawaan yang sudah terinstal (pre-installed) pada perangkat kamu, namun istilah tersebut kini agak bergeser sedikit menjadi aplikasi yang tak kamu perlukan di Android karena memakan banyak ruang penyimpanan dan juga RAM pada Androidmu.

Cara Menonaktifkan Aplikasi pada Android

Menurut DroidPoin pergeseran makna tersebut bukan hal yang salah, karena faktanya memang benar bahwa Bloatware itu cukup banyak memakan ruang penyimpanan dan juga RAM pada Androidmu bila tak dinonaktifkan atau dihapus karena kebanyakan Bloatware tak terpakai.

Berikut beberapa FAQ mengenai Bloatware:

  • Apakah Bloatware berbahaya untuk perangkat saya?

Tentu saja tidak, Bloatware merupakan aplikasi yang sama dengan yang kamu unduh dari Play Store, hanya saja aplikasi ini sudah terinstal sejak pertama kali perangkatmu dihidupkan.

  • Apakah Bloatware mempengaruhi kinerja perangkat saya?

Tentu saja, karena Bloatware sama saja dengan aplikasi yang kamu unduh dari Play Store, Bloatware akan memakan storage dan juga RAM, yang pastinya hal tersebut akan mempengaruhi kinerja perangkat Android kamu.

Namun, biasanya Bloatware itu merupakan aplikasi yang tak kamu butuhkan.

  • Apakah semua Bloatware merupakan aplikasi yang tak dibutuhkan (sampah) dan harus dihapus?

Tidak, karena tidak semua Bloatware merupakan aplikasi sampah. Ada beberapa aplikasi yang berguna misalnya saja aplikasi sosial media seperti BBM, Line, dan WA. Ada juga Microsoft Office dan yang lainnya sehingga kamu tak perlu mengunduhnya lagi. Jadi tidak semua Bloatware itu aplikasi sampah yang harus kamu hapus.

  • Apakah saya dapat menghapus Bloatware?

Tentu saja, namun cara menghapus Bloatware cukup rumit dan juga kamu harus melakukan root yang bisa mengakibatkan hilangnya garansi pada perangkat kamu.

Jika kamu kurang ahli dan paham dengan melakukan root, kamu bisa juga menghilangkan bloatware dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menonaktifkannya.

Untuk caranya kamu bisa baca artikel DroidPoin berikut:

Cara Menonaktifkan Aplikasi pada Android

Nah, itulah gaes sedikit informasi mengenai apa itu Bloatware pada Android, semoga dapat membantu dan bermanfaat buat kamu semua. 🙂

Jika ada yang ingin kamu tambahan silakan tambahkan melalui kolom komentar.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!