Perbedaan Custom Recovery TWRP dan CWM

Perbedaan Custom Recovery TWRP dan CWM

0

Cyanogen PHK Massal Karyawan, Bakal Pindah Fokus ke Pengembangan Apps?

Karena Selanjutnya mungkin DroidPoin akan memberikan tutorial cara menginstall Cyanogen pada device Xiaomi, maka pada kesempatan kali DroidPoin masih akan membahas seputar kedua Custom Recovery yang pernah DroidPoin bahas yakni CWM dan TWRP, terutama bagi kamu yang masih bingung harus menggunakan Custom Recovery yang mana?

So, inilah perbedann antara CWM dan TWRP

# CWM (ClockworkMod)

Apa itu Recovery Image di Android?
CWM

CWM Recovery merupakan sebuah custom recovery pada perangkat Android, yang fungsinya hampir serupa dengan recovery default / bawaan.

Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara CWM dan TWRP jika dilihat dari sisi kemampuan, hanya saja pengoperasian CWM kebanyakan masih menggunakan tombol volume up, volume down dan power, sebenarnya kamu sudah bisa memakai layar sentuh pada CWM namun hanya sebatas untuk navigasi saja, seperti swipe atas dan bawah. Sedangkan untuk tampilannya sangat berbeda jauh.

Kelebihan CWM ini sangat terasa bagi kamu pengguna device yang memiliki bawaan dual boot seperti Xiaomi Mi4 karena kamu bisa menentukan system mana yang ingin kamu install pembaruan atau yang lainnya melalui CWM Recovery, tidak seperti TWRP yang otomatis melakukan segala sesuatu pada system yang sedang kamu gunakan a.k.a System One.

# TWRP (Team Win Recovery Project)

Apa itu Recovery Image di Android?
TWRP

TWRP merupakan sebuah custom recovery pada perangkat Android, yang fungsinya hampir serupa dengan recovery default / bawaan dan kemampuannya mirip CWM.

Yang membedakannya dengan CWM adalah tampilannya yang tidak hanya berupa tulisan, memiliki menu tersendiri (terlihat begitu rapi), selain itu TWRP dapat kamu operasikan dengan menggunakan layar sentuh karena memang pengoperasiannya berbasis layar sentuh.

Seperti yanng sudah dijelaskan di bagian CWM, TWRP ini kekurangannya hanya satu yaitu kamu tidak dapat memilih System Two jika ingin menginstall atau mengupdate sesuatu karena secara otomatis TWRP hanya akan memilih System One.

Itulah sedikit info mengenai perbedaan antara CWM dan TWRP, jika dibandingkan satu persatu maka akan terlihat jelas sekali perbedaannya namun jika kamu bertanya pada saya mana Custom Recovery yang harus kamu pakai saya merekomendasikan kamu agar memilih TWRP, namun seperti biasa pilihan dikembalikan pada diri kamu masing-masing.

So, jika kamu ingin tahu lebih banyak tips dan tutorial seputar Android, pastikan kamu selalu kunjungi DroidPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!