Apa itu Google Play Service?

Apa itu Google Play Service?

0

Apa itu Bloatware di Android?

Berawal dari rasa penasran saya karena Storage Xperia XA Ultra saya hampir penuh, RAM yang terpakai cukup besar dan juga ada komentar dari pembaca setia DroidPoin, akhirnya DroidPoin sedikit paham apa itu Google Play Service. *Wkwkwk gak nyambung yah?

Google Play Service biasanya akan menyita sebagian besar RAM dan juga storage kamu, karena Google Play Service bukanlah aplikasi biasa, aplikasi ini masih misterius bagi beberapa pengguna Android! Ketika kamu mencoba untuk membukanya, tidak akan terjadi apa-apa, sehingga kamu tidak bisa menggunakannya. Namun, Google Play Service terinstal secara default pada semua perangkat Android.

Terlebih lagi Google Play Service juga mendapatkan update reguler, dan izin untuk mengakses berbagai macam hal pada ponsel kamu (akses ke data log sensitif, akses ke semua informasi dari aplikasi Google, dll).

Mungkin bisa disimpulkan, bahwa Google Play Service adalah sebuah aplikasi yang sangat erat kaitannya dengan sistem Android itu sendiri.

Apa itu Google Play Service?

Tampaknya Google Play Service merupakan sebuah application programming interface “API” (hal-hal yang membantu programmer dan memungkinkan aplikasi untuk dengan mudah berkomunikasi dengan aplikasi lain) yang bisa memastikan bahwa update aplikasi tersebut tak tergantung dengan update OS Android.

Contohnya seperti aplikasi Google Maps, sebelum adanya Google Play Service update aplikasi Google Maps sangat tergantung dengan Update OS Android, nah tentunya kamu sendiri tahu bagaimana update OS Android*. *(1-3 tahun tamat, harus ganti hp baru)

Dengan adanya Google Play Service kamu tak perlu menunggu update Google Maps bersamaan dengan update Android, tentunya hal ini sangat membantu sekali karena kita bisa mendapatkan update aplikasi tersebut lebih cepat dan juga tak terbatas pada ponsel Android baru karena semua ponsel Android bisa menikmatinya.

Tidak semua aplikasi mendapatkan keistimewaan dari Google Play Service, hanya aplikasi dengan Brand ‘Google‘ seperti Google Play Store, Google Maps, Google+, Gmail, dan lain-lain yang bisa menikmatinya.

Gimana, sudah jelas bukan apa itu ‘Google Play Service’? Semoga artikel ini bisa menghilagkan rasa penasaran kamu! 🙂

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!