Cari microSD? Pilih yang Berlogo A1

Cari microSD? Pilih yang Berlogo A1

0

micro_sd_card_2gb_01Seperti yang kita tahu, microSD memiliki berbagai jenis (HC, XC) dan berbagai kelas (class 4,6,10). Perbedaan tersebut mengklasifikasikan microSD berdasarkan fungsi dan harga. Sayangnya, jelas ada harga ada barang. Untuk microSD dengan kualitas bagus akan dijual dengan harga yang cukup tinggi pula. Namun, mulai sekarang akan ada tipe baru dengan harga terjangkau yang didesain agar mampu menampung dan menjalankan sebuah aplikasi di Android dengan baik. Inilah, micro SD A1.

app-performance

Logo A1 memiliki arti Application Performance Class 1. Dimana microSD ini didesain agar mampu menjalankan aplikasi sama mulusnya dengan menyimpannya di memori internal. Namun, untuk menikmati kelebihan dari tipe A1 ini kamu harus memiliki perangkat Android Marshmallow ke atas. Spesifikasi yang diusung tidak terlihat wow, tapi didesain agar aplikasi berjalan optimal. Berikut spesifikai minimal dari microSD yang layak berlogo A1

  • Random Read Input-Output access Per Second (IOPS) of 1500
  • Write IOPS of 500
  • Sustained Sequential performance of 10MB/s.

Alasan dibuatnya tipe A1 ini karena banyak microSD yang berkualitas kurang baik di pasar. Bahkan tidak sedikit microSD KW yang mencomot nama produsen terkenal. Hal tersebut akan mempengaruhi performa dari sebuah handphone. Bayangkan saja, sebuah Galaxy S7 namun pakai microSD class 4, KW pula, terus kamu menyimpan aplikasi di microSD juga. Nah, tentu performa microSD tersebut tidak bisa mengimbangi kemampuan sesungguhnya dari Galaxy S7 bukan? Terus, orang yang kurang paham teknologi akan membuat kesimpulan bahwa Galaxy S7 itu memiliki performa yang buruk, mencoreng nama baik. Buat kamu yang sering main ke DroidPoin, WinPoin atau MacPoin, tentu paham hal seperti ini, namun tidak dengan kebanyakan orang.

Kedepannya akan dirilis pula dengan logo A2 yang berarti App Performance Class 2, dan seterusnya. Karena masih sangat baru, sekarang kamu pasti akan kesulitan menemukan microSD berlogo A1 ini. Namun mengingat pesatnya jalur perdagangan di era global ini, mungkin 2-3 bulan lagi (atau lebih cepat) akan segera menjamur di pasaran.

 

Via: Phone Arena

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!