Android Things, Android Khusus Perangkat IoT

Android Things, Android Khusus Perangkat IoT

0

Tidak hanya meramaikan pasar smartphone dan wearable saja, Android pun juga hadir di perangkat Internet of Things lewat Android Things yang baru diluncurkan Google.

Platform khusus yang sebelumnya dinamakan Brillo ini, hadir dengan Android Studio, Android SDK, Google Play Services, dan Google Cloud Platform yang memudahkan para developer untuk membuat perangkat pintar.

Di Android Things ini, Google bekerja sama dengan Weave untuk membuat perangkat dapat terhubung ke perangkat IoT melalui cloud, serta dapat berinteraksi seperti Google Assistant.

Saat ini, sudah ada Philips Hue dan Samsung SmartThings yang telah menggunakan platform Weave. Sedangkan perangkat pintar dari Belkin WeMo, LiFX, Honeywell, Wink, TP-Link, dan First Alert juga akan menggunakannya.

Baca Juga:  10 Fitur Terbaik Android 7.0 Nougat Part 2

Android Things yang saat ini masih berstatus Developer Preview kini sudah bisa dikembangkan melalui perangkat Intel Edison, NXP Pico, dan Raspberry Pi 3.

Android Things ini nantinya bisa ditemukan di perangkat pintar seperti lampu pintar, mobil, termometer pintar, kulkas, kamera CCTV, bahkan pintu dan steker.

So, apa komentar kamu?

via The Next Web