Apa itu GApps?

Apa itu GApps?

0

Cover

Jika kamu pertama kali menggunakan Custom OS (bukan bawaan ponsel) seperti misalnya OS Cyanogen, pasti kamu menemukan ada hal yang ganjil!

Yap benar sekali, tidak ada Google Play Store pada OS kamu, atau istilahnya tidak ada GApps sama sekali.

Kok bisa? Kenapa?

Karena terkadang package rom seperti Cyanogen itu tidak termasuk gapps, jadi kita mesti download dan menginstallnya secara terpisah

Namun, apa itu GApps?

GApps merupakan sebuah singkatan untuk Google Apps yang merupakan paket layanan dari Google untuk Android semisal Gmail, Google Now, Google Play Store, dan apps lainnya.

Nah, device yang biasanya di install ROM Cyanogen tidak memiliki GApps karena memang pada package ROM Cyanogen tidak termasuk GApps, kamu perlu mengunduh dan menginstall GApps pada ROM Cyanogen kamu secara terpisah.

Namun, disitulah letak dari keunggulan OS Cyanogen yang mana kamu bisa menginstall GApps sesuka hati kamu, bahkan jika kamu hanya memerlukan Play Store saja, kamu dapat menginstallnya sendiri tanpa perlu menginstall aplikasi Google lainnya.

Mengapa bisa menginstall sebagian GApps saja?

Karena ada site Open GApps Project, site tersebut menyediakan berbagai paket GApps mulai dari paket sederhana / terkecil yang hanya termasuk Google Play Store saja hingga yang lengkap termasuk semua aplikasi dari Google.

Itulah pembahasan mengenai GApps, selanjutnya DroidPoin akan memberitahukan kamu berbagai paket di Site Open Gapps, jadi pastikan kamu selalu kunjungi DroidPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!