Apa Itu Recovery Mode di Android?

Apa Itu Recovery Mode di Android?

0

Apa Itu Recovery Mode di Android?

Mungkin bagi kamu yang pernah ngoprek Android misalnya saja mengganti OS atau menginstall pembaruan, pasti tidak merasa asing dengan kata ‘Recovery Mode’.

Namun, bagi pengguna awam yang baru mulai mencoba untuk ngoprek Android pasti belum mengetahui apa itu Recovery mode dan apa pula kegunaannya.

Pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba memberikan sedikit info mengenai hal ini.

Apa itu Recovery Mode dan apa kegunaannya?

Bagi kamu yang belum tahu, Recovery Mode adalah mode boot terbatas (menu) pada OS Android yang gunanya adalah mengembalikan ke Stock ROM awal, menginstall paket/ pembaruan, membackup ROM, factory reset dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Apa Itu Recovery Mode di Android?

Tampilan pada Recovery Mode relatif simpel biasanya hanya berupa tulisan saja, dan juga didalam recovery mode pada umumnya kamu tidak dapat menggunakan touchscreen, jadi untuk navigasi naik dan turun biasanya menggunakan tombol volume dan untuk memilih menggunakan tombol power.

Sebenarnya Recovery Mode itu tergantung dari Recovery Image apa yang kamu gunakan, ada banyak custom Recovery Image diluar sana misalnya saja TWRP, CWM, Cyanogen, dll. Namun kamu tidak perlu menginstall custom Recovery Image tersebut karena sebenarnya Ponsel milikmu sudah memiliki Recovery Imagenya tersendiri (bawaan).

Mungkin karena kurang puas akan kemampuan Recovery Image bawaan maka banyak device yang diinstal dengan Custom Recovery Image.

Ya, mungkin itulah sedikit info mengenai Recovery Mode. Semoga pada kesempatan selanjutnya DroidPoin dapat membahas mengenai Recovery Image seperti TWRP, CWM dan yang lainnya.

So, stay tune terus di DroidPoin yah!

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!