Review ANTVR: Bentuk Compact tapi Minus Tombol Navigasi

Review ANTVR: Bentuk Compact tapi Minus Tombol Navigasi

0

ANT VRVirtual Reality tengah dipopuler belakangan ini. Dengan memanfaatkan aplikasi Cardboard serta kacamata VR, pengguna smartphone bisa memakai fitur yang membuat si pengguna serasa berada di dunia nyata ini.

Ada banyak kacamata VR yang dijual dipasaran dengan berbagai bentuk dan harga. Nah, kali ini DroidPoin bakal mereview salah satu kacamata VR yakni ANTVR yang didapat dari pembelian Lenovo Vibe K4 Note.

Isi box penjualan:

ANTVR-1

  • Kacamata ANTVR
  • Lap microfiber untuk membersihkan lensa
  • Buku panduan

Bentuk dari kacamata ANTVR ini tergolong compact alias mudah dibawa-bawa serta terbuka karena bagian penyangga smartphone yang bisa dilipat, tidak seperti kacamata VR lain yang berukuran besar. Bobotnya juga tergolong ringan.

ANTVR-2

ANTVR ini dilengkapi dengan head strap yang bisa dikendurkan sesuai dengan keinginan, sehingga tangan tak perlu memegang kacamata terus menerus. Kacamata VR ini bisa digunakan bersamaan dengan kaca mata umum lainnya.

Untuk memasangkan smartphone ke kacamata VR ini, cukup buka kedua lipatan penyangga smartphone, lalu masukan smartphone di tempat penjepit smartphone.

ANTVR-4

ANTVR-3

Saat dicoba untuk bermain konten game VR selama sekitar 30 menit, belum ada rasa pusing maupun mual yang terasa saat menggunakan kacamata VR ini. Tapi, rasa yang berbeda justru akan terjadi ketika memunculkan banyak gerakan cepat dimana ada rasa mual. Ini wajar, karena semua perangkat VR memiliki hal yang sama.

Sayangnya, ketika dicoba untuk menggunakan aplikasi-aplikasi dari Google Cardboard, tampilan akan kurang fokus jika menggunakan pengaturan dari ANTVR sendiri dengan scan QR code milik ANTVR. Sehingga harus men-scan QR code dari kacamata VR lain.

ANTVR ini juga tidak memiliki tombol navigasi magnet seperti beberapa kacamata VR Cardboard lainnya. Alhasil, navigasi harus dilakukan dengan jari melalui celah yang ada disamping kiri dan kanan kacamata. Artinya juga, setidaknya memiliki mouse serta USB On the Go adalah wajib jika memakai kacamata VR ini.

Sayangnya pula, ANTVR masih memiliki celah disamping kiri dan kanan karena desainnya yang dilipat, sehingga ketika dipakai akan ada cahaya lain yang muncul ketika memakai virtual reality. Disarankan, gunakan kacamata ANTVR ini dalam cahaya yang redup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kacamata ANTVR ini mendukung smartphone dengan ukuran layar mulai 5 hingga 6 inch.

ANTVR ini sendiri bisa didapat dengan harga mulai Rp 300 ribu dibeberapa toko online, atau bisa didapatkan secara gratis dengan membeli smartphone Lenovo Vibe K4 Note ataupun Vibe K5 Plus (2GB ataupun 3GB).

Kesimpulan

ANTVR-5ANTVR yang menyasar pada VR entry level ini cocok untuk pengguna yang pertama kali ingin menikmati sensasi virtual reality dengan harga yang cukup murah. Namun dengan segala kekurangan yang ada, ANTVR kurang cocok untuk digunakan untuk menikmati segala konten VR yang lebih lanjut karena model serta tiadanya tombol navigasi.

Karena sudah dibundle dengan smartphone Lenovo, ANTVR ini akan lebih optimal lagi pada kedua smartphone Lenovo Vibe tersebut.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!