Apa Fungsi NFC di Android? Ini Jawabannya

Apa Fungsi NFC di Android? Ini Jawabannya

0

Smartphone Android kelas atas bahkan menengah kini telah dilengkapi dengan fitur NFC. Apa itu NFC, dan apa fungsinya di smartphone Android?

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel yang contactless diantara dua perangkat. Kedua perangkat ini bisa terhubung dengan jarak maksimal 4 cm. NFC ini bagaikan pengembangan lebih dari teknologi RFID seperti di smart card.

NFC di smartphone cukup berfungsi untuk kehidupan sehari-hari.

NFC Tag

Fitur NFC tag ini bisa mengatur smartphone untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis, misalnya seperti mengirim kontak, membuka website, menyalakan/mematikan WiFi, dan lainnya. Fitur ini membutuhkan sebuah NFC tag ataupun sticker ber NFC, dan caranya hanya perlu menempelkan smartphone ke tag NFC.

Baca Juga:  Ayo Segera Unduh! Game Mafia 3: Rivals Sudah Tersedia di Play Store

Transaksi pembayaran

Photo by: Digital Trends

Mungkin diantara kamu belum begitu banyak yang menyadari kalau sticker T-Cash dari Telkomsel adalah sticker ber NFC. Ya, NFC juga memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran dengan mendekatkan perangkat smartphone ke mesin EDC, dan kecepatannya juga terbilang singkat.

Fitur seperti Android Pay dan Samsung Pay juga memanfaatkan NFC. Keduanya akan terhubung ke kartu kredit ataupun kartu kredit yang kamu miliki.

Baca Juga: Cara Cek Saldo Flazz dan e-Money di Android

Di Indonesia, belum begitu banyak bank yang sudah mengimplementasikan pembayaran dengan menggunakan teknologi NFC. Namun, Samsung kabarnya sendiri bakal menghadirkan Samsung Pay di Indonesia dengan bekerjasama dengan beberapa bank.

Transfer File

Baca Juga:  Samsung Galaxy Tab S3 Sudah Mulai Diuji
Photo by: Sony Mobile

Manfaat umum yang bisa kamu nikmati dengan NFC adalah mengirim file ke perangkat lain. Berbeda dengan Bluetooth, untuk transfer file dengan NFC ini, kamu harus menempelkan smartphone kamu ke perangkat ber-NFC lain.

Nah, itu dia fungsi dari NFC yang ada di smartphone Android kamu.

Apakah kamu sudah pernah menggunakannya? Jika sudah, kamu gunakan untuk apa?