Mi A1
images via Android Police

Belakangan ini Xiaomi sedang diterjang drama update Oreo Mi A1. Setelah sempat ditunda dan membuat kesal banyak pemilik Mi A1, akhirnya Xiaomi kembali membuka jalan untuk update Oreo. Akan tetapi, tidak semua pihak bahagia, kini giliran para developer yang ‘geregetan’ menunggu Xiaomi merilis kernel source dari Mi A1.

Alasan dari rasa ‘geregetan’ ini karena sebelumnya Xiaomi menjanjikan akan merilis kernel source dari Mi A1 kurang dari tiga bulan sejak dirilis. Namun kenyataannya 4 bulan telah berlalu, dan Xiaomi belum merilisnya. Padahal Mi A1 akan menjadi kandidat sempurna untuk berbagai mod dan pengembangan custom ROM mengingat harga yang terjangkau dan spesifikasi yang menjanjikan (Baca Juga: Cara Dapat Foto Bokeh Tanpa Dual Camera di Android).

Selain itu mengusung nama Android One seharusnya membuat smartphone ini developer friendly. Sebagai perbandingan, Sharp, Kyocera, Motorola, dan HTC telah merilis kernel source dari seri Android One mereka.

Saat ini seri yang mendapatkan custom ROM paling cepat di XDA adalah Redmi Note 3 dan One Plus 3T yang memiliki banyak jenis custom ROM Android Oreo 8.1 versi stabil. Berbagai mod juga berjalan lancar di Redmi Note 3, padahal smartphone ini dirilis dua tahun silam. Semoga saja nasib Mi A1 tidak seperti Mi3 yang harus menunggu setengah tahun sampai kernel source-nya dirilis ya.

 

sumber Android PoliceXDA Developers

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.