Setelah Qualcomm memperkenalkan seri prosesor terbaru miliknya yakni Snapdragon 675, beberapa hari kemudian sang kompetitor yakni MediaTek juga turut memperkenalkan seri prosesor teranyar buatannya yakni MediaTek Helio P70, proseor tersebut bisa dibilang merupakan versi update dari MediaTek Helio P60 yang diperkenalkan pada awal tahun ini.

MediaTek Helio P70 masih begitu identik dengan pendahulunya yakni MediaTek Helio P60, masih menggunakan layout yang serupa (CPU, GPU, dan APU) akan tetapi ada peningkatan dibagian clockspeed, dimana MediaTek memberikan 100MHz di Cortex-A73 sehingga memilik clockspeed mencapai 2.1GHz, begitu pula dibagian GPU Mali-G72 MP3 yang mana kini menjadi 900MHz (sebelumnya hanya 800MHz).

Bisa dibilang peningkatan tersebut hanyalah peningkatan minor yang mungkin tak akan terasa pada bagian performa, karena MediaTek sendiri mengklaim bahwa performa chipset ini cuma 13% jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Tapi, kamu gak perlu khawatir karena MediaTek Helio P70 ini sesungguhnya ditujukan untuk memberi peningkatan pada sektor AI, yang mana mendapatkan peningkatan performa hingga 30%.

Dukungan AI tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur fotografi semacam real-time beautification dan scene recognition serta AI berbasis video encoding untuk Skype/Facebook video calls dan juga YouTube live streaming.

Tapi sayang, chipset ini masih belum mendukung jaringan 5G. Akan tetapi, MediaTek menawarkan kecepatan LTE hingga 300 Mbps dan untuk pengguna ponsel yang gemar melakukan video call, SoC menawarkan kualitas yang tetap bagus walaupun bandwitdh kamu terbatas.

MediaTek mengatakan bahwa Helio P70 ini akan mulai tersedia dibeberapa smartphone paling lambat di akhir November nanti dan masih ada kejutan lain yang diberikan oleh MediaTek ketika memperkenalkan prosesor ini. Mereka ternyata berjanji masih akan merilis chipset terbaru miliknya pada akhir tahun nanti dan chipset tersebut kabarnya bakal jauh lebih powerfull (kemungkinan besar seri MediaTek Helio X yang mana merupakan prosesor flagship milik MediaTek).

So, untuk informasi yang lebih detail terkait hal ini, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.