via AndroidPIT

Mungkin diantara kamu disini ada yang pernah mengalami masalah ketika melakukan charging / pengisian daya pada ponsel kamu, misalnya saja hal yang paling umum ditemui adalah ketika ponsel mengalami pengisian daya yang terbilang lambat.

Nah, tentu saja hal tersebut ada penyebabnya dan dikesempatan kali ini, DroidPoin akan memberikan beberapa alasan kenapa ponsel kamu mengalami pengisian daya yang lambat!

1. Tidak mendukung fast charging

Ponsel Android sekarang ini banyak yang sudah mendukung fitur bernama fast charging misalnya saja bagi ponsel yang menggunakan prosesor buatan Qualcomm biasanya sudah disematkan fitur bernama Quick Charge, di Oppo ada fitur bernama VOOC flash charge, OnePlus juga memiliki fitur serupa bernama Dash Charge. Nah, fitur tersebutlah yang biasanya membuat pengisian daya pada ponsel kamu berlangsung dengan cepat.

Jika ponsel kamu tak mendukung fitur tersebut, maka akan sangat wajar jika pengisian dayanya terbilang biasa saja (lebih cocok disebut lambat) walaupun kamu sudah menggunakan charger dengan dukungan fast charging sekalipun. Bahkan jika kamu tetap memaksakan menggunakan charger tersebut secara terus menerus bisa saja terjadi masalah yang fatal untuk ponsel kamu.

 

2. Aksesoris yang tak sesuai

Sedikit menyinggung hal nomor satu, walaupun ponsel kamu sudah mendukung fitur pengisian daya cepat tapi hal tersebut tak akan berguna jika seandainya ponsel kamu masih menggunakan aksesoris yang tak sesuai entah itu pada bagian adapter atau kabel yang kamu gunakan.

Jika seandainya kamu tidak lagi menggunakan aksesoris bawaan (OEM), tapi sebisa mungkin kamu gunakan aksesoris dengan brand yang namanya lumayan terkenal yah,Β plusΒ pastikan juga kamu mencari perangkat yang memiliki garansi, agar jika nantinya mengalami masalah pada perangkat kamu, maka OEM tersebut bisa bertanggung jawab.

 

3. Charge melalui PC / laptop

Selain kedua hal di atas, pengisian daya yang lambat pada ponsel juga bisa jadi dikarenakan sumber daya yang tak memadai untuk pengisian daya cepat seperti kebiasaan charge dari usb (laptop atau PC misalnya). Untuk powerbank, DroidPoin tidak mempermasalahkan itu yah, karena sudah ada cukup banyak tipe powerbank yang mendukung pengisian daya cepat.

Jadi, sebisa mungkin kamu charge langsung saja menggunakan adapter yang disediakan atau cas langsung dari wall charger (bukan dari PC / laptop).

 

4. Permasalahan pada port USB

via Rozetked

Hal terakhir yang mengakibatkan ponsel kamu mengisi daya dengan lambat adalah ada masalah pada port usb di ponsel kamu, entah itu karena ada benda asing atau memang mengalami kerusakan permanen. Untuk memastikan hal ini, silakan kamu cek terlebih dahulu port usb pada ponsel kamu menggunakan flash lightΒ dan jika memang benar mengalami masalah, segeralah klaim garansi pada perangkat kamu di service center terdekat agar masalah tersebut bisa segera teratasi.

Itulah gaes beberapa alasan kenapa ponsel kamu mengisi daya dengan lambat, jika kamu punya alasan yang lain, silakan bagikan saja di kolom komentar. πŸ™‚

  Android 10 vs iOS 13 β€” Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.