Perkembangan dunia teknologi terutama ranah smartphone berkembang dengan sangat pesat dan mau tak mau hal tersebut akan mengharuskan kamu untuk mengikuti perkembangannya, walaupun sebenarnya kamu mau tetap bertahan dengan smartphone ke sayangan kamu — hingga ajal menjemput karena terlalu banyak kenangannya.

Tapi, seperti yang sudah DroidPoin singgung di awal, hal tersebut sangat tidak mungkin. Nah, berikut ini adalah 5 pertanda yang menandakan kamu harus segera mengganti smartphone milikmu versi DroidPoin:

1. Ketika terdapat kerusakan hardware

via The Verge

Kita bahas dari hal yang paling mengganggu terlebih dahulu yakni adanya kerusakan di hardware, entah itu bagian layar kaca kamu yang bermasalah (retak, burn-in, dead pixel dan lain-lain), dayanya yang bermasalah (tidak bisa charge, ic power bermasalah dan yang lainnya) atau berbagai hal yang mengganggu kamu dalam menggunakan smartphone tersebut setiap hari.

Kerusakan hardware ini merupakan bagian yang paling fatal dan tampaknya jika kamu mengalami hal ini, maka kamu diwajibkan untuk segera mengganti smartphone lama milikmu(kalau menurut saya), karena bukan hanya bagian dari komponen penggantinya saja yang harganya mahal (kalau menggunakan suku cadang original), tetapi juga butuh keahlian khusus bagi sang mekanik untuk dapat memperbaiki perangkat kamu dan bukannya tidak mungkin jika suatu saat hal yang sama bakal kembali menimpa kamu.

2. Ketika smartphone kamu mulai “lemot”

Cyanogen PHK Massal Karyawan, Bakal Pindah Fokus ke Pengembangan Apps?

Jika kamu orang yang sangat telaten dan apik dalam menggunakan suatu barang, mungkin kamu bisa mengatasi atau mencegah kerusakan pada hardware ponsel kamu. Tapi, bagaimana jadinya jika hardware ponsel tersebut sudah berumur 5-6 tahun dan membuat smartphone kamu terasa “lemot”? Pastinya kamu akan berpikir untuk mulai mengganti perangkat tersebut bukan?

Nah, masalah tersebut mungkin masih bisa di atasi dengan mengganti OS yang sudah tertanam pada ponsel kamu dengan custom ROM, memberikan tweak disana dan sini serta berbagai hal lainnya. Tapi, hal tersebut mungkin hanya membantu sekitar 50% saja (kalau menurut saya), untuk sisanya, ponsel kamu mungkin masih akan tetap mengalami yang namanya lemot hingga frezze.

3. Ketika baterai ponselmu habis dengan cepat

Apa itu Mode Stamina di Sony Xperia?

Inilah hal yang DroidPoin rasa cukup mengganggu dalam penggunaan gadget sehari-hari, apapun perangkatnya! Masalah baterai selalu menjadi salah satu masalah utama (kalau menurut saya) dan jika kamu mengalami masalah ini, mungkin mengganti perangkat adalah pilihan yang tepat.

Kamu mungkin masih bisa menggantinya dengan baterai KW, tapi tidak akan semaksimal yang dimiliki oleh komponen original dan perlu kamu tahu, baterai original itu biasanya punya harga yang lebih mahal dan itupun jika produksinya masih berjalan (karena ada seri baterai yang diberhentikan produksinya karena seri ponsel tersebut sudah diberhentikan juga produksinya).

Mau menggunakan berbagai tips & trick, ataupun hal lainnya untuk memperpanjang usia baterai ponsel kamu, tetapi kalau kamu orangnya suka banget sama yang namanya game, ya maaf-maaf saja karena hal tersebut tak akan bekerja dan tampaknya, saat ini  baterai suatu ponsel itu seperti di desain agar tak bisa bertahan lebih dari 5 tahun, karena jika sudah lebih dari 5 tahun kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan dalam konsumsi daya (mungkin juga karena berbagai fitur dalam pengisian daya yang membuat baterai jadi lebih cepat aus).

4. Berhentinya dukungan OS dan aplikasi

Smartphone tak terlepas dari dukungan aplikasi dan dengan adanya update OS versi terbaru, maka dukungan aplikasi untuk perangkat dengan OS lama akan dihentikan.

Nah, jika kamu adalah pengguna ponsel lawas dengan OS yang sudah tak lagi mendapatkan update, maka kamu perlu bersiap untuk migrasi ke perangkat yang lebih baru, karena tak lama lagi dukungan berbagai aplikasi akan cabut dari perangkat yang saat ini kamu gunakan.

5. Kualitas kamera yang jauh dari kata oke

Smartphone bisa dibilang merupakan paket komplit (bentuknya yang compact dan ringkas, bisa membuatnya dibawa dengan mudah), bukan hanya untuk alat komunikasi saja, tetapi juga untuk mengabadikan momen yang mungkin tak terduga.

Sektor kamera, saat ini merupakan salah satu faktor penentu dalam memilih smartphone dan jika hardware kamera pada ponsel kamu sudah ketinggalan zaman, mungkin ada baiknya bagi kamu untuk membeli ponsel baru dengan hardware dan software kamera yang jauh lebih oke, karena tentu saja akan menghasilkan kualitas gambar yang mantap untuk beberapa tahun ke depan.

Itu dia tadi gaes, 5 pertanda bagi kamu untuk mengganti smartphone. Jika kamu punya tanda-tanda lain yang berbeda dengan yang saya pikirkan, silakan berikan pendapatmu di kolom komentar yah.

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.