via Abacusnews

Mungkin kamu semua sudah mengetahui jika pada ajang IFA 2019 lalu, Huawei baru saja meresmikan chipset andalan miliknya yakni Kirin 990 yang pastinya akan tertanam di perangkat flagship Huawei seperti Mate 30 series, Mate X series dan mungkin juga Huawei P40 series.

Tapi, apakah kamu tahu kira-kira apa saja keunggulan dari chipset tersebut? Buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah informasi detailnya!

Perlu kamu tahu, Huawei HiSilicon Kirin 990 merupakan chipset pertama di dunia yang hadir dengan modem 5G terintegrasi yang punya downlink rate hingga 2.3Gbps dan uplink rate mencapai 1.25Gbps, dan dengan bantuan proses 7nm Extreme Ultra-Violet (EUV) lithography, chipset ini kabarnya mampu menawarkan solusi daya yang lebih baik dibandingkan chipset Huawei sebelum-sebelumnya.

Tapi, buat kamu yang gak sanggup beli flagship Huawei, kamu gak perlu khawatir. Pasalnya, mereka (Huawei) juga dikabarkan sudah menyiapkan chipset Kirin 990 dengan jaringan 4G untuk ponsel budget flagship miliknya.

via ToDO Tech

Selain jadi yang pertama dalam penerapan modem 5G terintegrasi dalam chipset, Kirin 990 (5G) juga merupakan chipset pertama yang berisi NPU dual-core yang tersusun atas arsitektur Da Vinci, yang terbagi dalam NPU core besar dan NPU core kecil. Nah, NPU Core besar memiliki tugas untuk menghasilkan performa tinggi dan efisiensi daya di skenario komputasi yang berat. Sedangkan untuk NPU core kecil, bertujuan agar aplikasi mampu mengonsumsi daya yang sangat rendah.

Performanya gimana? Kalo ngomingin performa, kamu gak perlu ragu deh! Huawei mengklaim bahwa chipset terbarunya itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 855. Bahkan data dari salah satu situs benchmark ternama yakni Geekbench memperlihatkan jika Kirin 990 punya single-core 10% jauh lebih baik dan multi-core 9% lebih oke jika dibandingkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855.

Gak cuma itu loh, Kirin 990 juga dikabarkan sudah bisa merekam video dalam resolusi 8K dalam 30 fps! Keren bukan?

Jadi, gimana nih pendapatmu tentang Kirin 990? Silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

via Anandtech

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.