Cara Agar Setiap Android Tampak Seperti Menggunakan Stock ROM

Perkiraan Update Android 7.0 Nougat pada Beberapa Brand Smartphone

Kalau ngomongin Android pastinya kita teringat berbagai macam produsen ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan yang lainnya. Namun, sebenarnya Android mereka tidaklah ‘Pure Android’ atau lebih dikenal ‘Stock ROM’ atau juga ‘Android Asli’.

Misalnya saja Samsung dengan TouchWiz, Xiaomi dengan MIUI, Oppo dengan ColorOS dan yang lainnya. Hanya ponsel buatan Google (Nexus dan Pixel) yang menggunakan ‘Stock ROM’.

Namun, untuk kamu yang ingin merasakan sensasi menggunakan Stock ROM pada Android kamu apapun ponselnya, DroidPoin akan berikan caranya. So, tak perlu berlama-lama lagi beginilah caranya:

Mengganti Launcher

Pixel Launcher: Launcher Terbaru dari Google

Salah satu cara paling mudah untuk merasakan sensasi Stock ROM pada Android adalah dengan menggunakan launcher, ada beberapa launcher yang desainnya begitu mirip dengan Stock ROM pada ponsel Nexus dan Pixel, misalnya saja Pixel Launcher, Google Now Launcher, dan Nova Launcher.

Menggunakan Google Camera

Cara Agar Setiap Android Tampak Seperti Menggunakan Stock ROM

Aplikasi ini sebenarnya tidak tersedia di Google Play Store, karena memang sepertinya dikhususkan untuk ponsel buatan Google saja (Nexus dan Pixel). Namun, tak lengkap rasanya jika ponsel kamu ingin merasakan sensasi Stock ROM tanpa menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mencari apk-nya lalu menginstallnya secara manual.

Menggunakan Google Keyboard

Cara Agar Setiap Android Tampak Seperti Menggunakan Stock ROM

Kebanyakan Android sekarang ini sudah pre-install aplikasi SwiftKey, namun agar sensasi Stock ROM pada Android kamu kian kerasa maka kamu seharusnya menggunakan aplikasi Google Keyboard.

 Menggunakan Messenger

Cara Agar Setiap Android Tampak Seperti Menggunakan Stock ROM

Launcher sudah, Kamera sudah, Keyboard juga sudah. Ada satu lagi yang belum yakni aplikasi messenger dari Google! Dengan apliaksi Messenger kamu akan mendapatkan tampilan (UI) pesan layaknya ponsel nexus / pixel.

Menggunakan Berbagai Macam Aplikasi Google Lainnya

Cara Agar Setiap Android Tampak Seperti Menggunakan Stock ROM

Jika dirasa masih kurang, kamu bisa mengunduh berbagai macam apliaksi Google agar Android kamu seperti menggunakan Stock ROM, misalnya saja menambahkan aplikasi Chrome, Google Maps, Gmail, Google Duo, Google Allo, Google Drive dan yang lainnya.

Nah, itulah beberapa cara agar Android kamu seperti menggunakan Stock ROM, gimana apa masih ada yang kurang? Jika dirasa ada yang kurang kamu bisa menambahkannya di kolom komentar.

Adrianto Jossy

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra)

Post navigation