via Fonpit.de

Kalau ngomongin soal smartphone mungkin gak bakal ada habisnya, setiap tahun pasti aja keluar seri baru. Tapi apakah kamu tahu bahwa smartphone bisa dibagi dalam beberapa kategori? misalnya saja ponsel dengan kategori budget, midranger, flagship dan premium.

Nah, karena hal ini ada hubungannya dengan konten DroidPoin yang selanjutnya, maka sebagai permulaan kita bahas dulu apa bedanya ponsel budget, midranger, flagship dan juga premium.

Pada dasarnya semua perbedaan tersebut mengarah pada satu hal yakni harga dari perangkat tersebut. Tapi sebenarnya, ada beberapa faktor lain yang membedakan kategori tersebut misalnya, desain, build quality, fitur dan mungkin juga gengsi

So, gak perlu berlama-lama, mari kita bahas saja langsung dari seri ponsel budget hingga seri premium:

Budget

Seri ponsel budget biasanya ditujukan untuk kamu yang cuma butuh komunikasi. Selain memiliki banyak batasan (karena harganya murah meriah), desain ponsel ini terbilang mainstream dan build quality-nya biasa aja, tapi ponsel budget zaman now rata-rata punya build quality yang gak kalah baik seperti ponsel midranger dan mungkin juga flagship kok.

Menariknya, ponsel budget zaman now rata-rata menjual satu fitur unggulan yakni kapasitas baterai yang besar dan range harganya kurang dari 3 jutaan (karena ada seri ponsel budget yang mendekati seri midranger).

Midranger

Seri ponsel midranger merupakan seri ponsel yang satu step di atas seri budget dan bisa dibilang ini adalah seri yang paling banyak diminati karena punya keseimbangan yang baik entah itu dari desain, spesifikasi hingga harganya dan fiturnya pun gak kalah dari seri ponsel flagship.

Cukup sulit untuk menjelaskan ciri khas dari ponsel midranger. Tapi yang jelas, selain punya keseimbangan yang baik dari berbagai hal, ponsel midranger bisa dibilang sebagai ponsel yang serba “nanggung” yang bakal buat kamu pusing 7 keliling!

Pasalnya, spesifikasi (performa) yang ditawarkan ponsel midranger bervariasi tergantung dari chipset yang digunakan dan chipset untuk seri ponsel midranger ada banyak sekali. Selain itu, fitur unggulannya berbeda-beda tergantung dari OEM yang kamu pilih, misal ponsel midranger milik vivo dan Oppo biasanya lebih fokus di kamera, Realme dan Xiaomi di performa dan lain-lain.

Untuk seri ponsel ini, range harganya biasa dimulai dari angka Rp 2-6 jutaan.

Flagship

Mi 9 via Teknoburada

Untuk seri ponsel flagship mungkin gak perlu dijelaskan lagi, karena ini merupakan seri ponsel yang paling banyak diidamkan oleh pengguna. Selain menggunakan spesifikasi terbaik di tahun tersebut, ponsel ini juga punya kemampuan yang berada di atas rata-rata.

Untuk harga, ponsel dengan kategori flagship biasanya dibanderol mulai dari Rp 7-10 jutaan.

Premium

Emangnya seri ponsel premium dan flagship itu beda yah? Jelas beda! Premium adalah kategori ponsel yang satu step di atas seri flagship. Kalau dari segi harga, ada yang mirip (harganya 11-12) ada pula yang berbeda jauh, tapi kalo dari segi desain dan fitur akan terlihat perbedaannya.

Sebagai contoh, Galaxy S gak punya kemampuan seperti Galaxy Note dimana ada dukungan S-Pen dan Galaxy S pun tak bisa ditekuk seperti Galaxy Fold. Jadi, walaupun spesifikasi dan harganya mirip serta tak berbeda jauh, tapi fitur dan desain yang ditawarkan keduanya punya perbedaan yang signifikan.

Berikut ini adalah contoh kategori ponsel dari beberapa OEM:

Samsung

  • Budget: Galaxy M
  • Midrange: Galaxy A, Galaxy S10 Lite dan Note10 Lite series
  • Flagship: Galaxy S series
  • Premium: Galaxy Note series dan Galaxy Fold

Huawei

  • Budget: Huawei Y series
  • Midranger: Huawei Nova series dan Huawei P30 Lite
  • Flagship: Huawei P series
  • Premium: Huawei Mate series

Xiaomi

  • Budget: Redmi series
  • Midranger: Redmi Note series, Mi Note series
  • Flagship: Mi series (Mi 8, Mi 9 dan lain-lain)
  • Premium: Mi MIX series

Nokia

  • Budget: Nokia 1, Nokia 2, Nokia 3 series
  • Midranger: Nokia 4, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7 series
  • Flagship: Nokia 8 series
  • Premium: Nokia 9

Gimana, udah jelas? Jika kamu punya pertanyaan atau punya masukan seputar hal ini, silakan sampaikan dan kita diskusikan di kolom komentar dan nantikan konten rekomendasi smartphone versi DroidPoin mulai minggu depan yah. 😁

  iPhone 12 Lebih Kencang dari MacBook Pro..??!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.