Tahun ini tampaknya merupakan tahun kebangkitan dari game milik Riot yakni League of Legends, pasalnya mereka bakal memasuki dunia konsol sekaligus mobile dengan game terbaru andalannya League of Legends: Wild Rift.

Sejauh ini, game tersebut dikabarkan sudah masuk ke tahap alpha dan diuji coba di Brazil serta China. Namun, hingga artikel ini ditulis, belum ada informasi pasti mengenai waktu perilisan game tersebut.

Nah, jika dibandingkan dengan Mobile Legends, apakah game MOBA milik Riot Games tersebut memiliki perbedaan? Buat yang penasaran, berikut ini adalah perbedaan diantara kedua game tersebut!

Pastikan kamu memilih Champion yang sesuai dengan lane

via KurejiLee

Pada dasarnya, lane di game LoL Wild Rift kurang lebih sama dengan ML yakni terbagi menjadi 4, yakni Baron Lane, Mid Lane, Dragon Lane dan Jungle Lane (mungkin udah gak asing kalo kamu sering main ML Top, Mid, Bottom dan Jungle). Tapi bedanya, lane tersebut memiliki jagoan tersendiri (kalau di Wild Rift bukan hero namanya, melainkan champion).

Jadi, jika kamu memilih Baron Lane, akan tetapi champion yang kamu gunakan cocoknya di Dragon Lane, maka kamu akan menemui kesulitan, terutama jika musuh yang kamu hadapi memilih champion yang sesuai dengan lane-nya.

Berbeda halnya dengan Mobile Legends (ML), tidak ada hero yang dibuat khusus sesuai dengan lane-nya masing-masing. Cukup gunakan hero yang punya kemampuan unik atau demage yang besar dan kamu pun bisa bebas memilih lane sesuai dengan keinginan kamu.

Membeli item cuma bisa kamu lakukan di base

Bukan hanya hero dan lane saja yang berbeda, dalam game LoL: Wild Rift kamu dikabarkan tak bisa membeli item di luar base. Jadi, buat kamu yang sudah terbiasa bermain ML dan sering beli item se-enak jidatmu, kamu harus beradaptasi lagi karena dalam game ini kamu cuma bisa membeli item dalam base.

Tak ada Emblem, adanya Rune

Berbeda halnya dengan Mobile Legends yang mana mengharuskan kamu untuk meng-upgrade emblem dikarenakan dengan semakin kuatnya emblem, maka efek tambahan pada hero kamu pun semakin kuat.

Nah, dalam game LoL: Wild Rift ada sistem tersendiri yang dinamai sebagai Rune. Sama halnya dengan Emblem, Rune juga harus disesuaikan dengan hero atau champion yang biasa kamu gunakan. Tapi bedanya, Rune di LoL: Wild Rift dikabarkan tak memiliki peningkatan, jadi semua pemain bisa menggunakan semua rune secara gratis.

Semua champion bisa didapatkan secara gratis?

Jika dalam game ML kamu harus mendapatkan hero dengan koin atau diamond, maka dalam game LoL: Wild Rift kamu bisa mendapatkan semua champion dengan gratis!

Gratis disini masih sedikit rancu, pasalnya ada 2 kemungkinan. Yang pertama adalah gratis sedari awal game dimainkan atau yang kedua adalah mekanisme yang sama seperti ML, dimana champion yang kamu inginkan bisa dibeli dengan koin yang kamu dapatkan dari menyelesaikan sebuah game, sehingga kamu tak memerlukan In-App purchase berupa diamond atau apalah nanti namanya sebagai sistem pembayaran dalam game LoL: Wild Rift.

Game Play berbeda (Champion punya 4 Skill, Sistem Ward dan Last Hit)

via IGN

Kalau di ML, mungkin kamu udah terbiasa dengan hero yang punya 3 skill (ada juga haro yang punya 4 skill kaya Zhask). Nah, di LoL: Wild Rift kamu harus terbiasa dengan champion yang punya 4 skill dan hal ini akan membuat pertandingan jadi jauh lebih menarik lagi.

Selain itu, dalam game LoL ada sistem bernama Ward. Nah, sistem ward ini adalah salah satu fitur yang cukup penting pada game moba, karena sistem ini dapat memudahkan pemain untuk memenangkan permainan. Pasalnya, sistem Ward biasa digunakan untuk melihat pergerakan lawan yang bersembunyi di dalam kegelapan, Ward juga bisa digunakan untuk mengontrol situasi di hutan milik kita agar monster yang ada di dalamnya tidak dicuri oleh tim lawan.

Gak cuma ward, ada juga mekanisme beranama Last Hit. Nah, dengan adanya mekanisme tersebut, maka akan mengubah warna health poin dari creep menjadi putih yang mana sekaligus menandakan bahwa creep dapat diekseskui dengan satu auto attack atau ability.

Bukan satu, kamu bisa memilih dua spell sekaligus

Jika kamu sering memainkan game ML, maka kamu pasti tahu bahwa dalam game tersebut kamu cuma akan mendapatkan sebuah spell tambahan dan dua sisanya adalah back to base serta regenerasi darah yang mana akan mempermudah kamu dalam game.

Nah, dalam LoL: Wild Rift kamu bisa memilih 2 spell tambahan dan pastinya hal ini akan membuat game jadi lebih menarik, karena kamu bisa menyesuaikan spell sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, itulah dia perbedaan dari game League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends yang DroidPoin ketahui untuk saat ini. Jika nanti ada perubahan atau ada hal baru terkait informasi tersebut, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

Jadi, pastikan kamu selalu nantikan informasi terbarunya hanya di DroidPoin yah. 

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.