via Droid-Life

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan smartphone Samsung, pasti sudah tau dengan fitur asisten pribadi virtual, S Voice. Setelah munculnya Bixby, pamor S Voice pun tenggelam.

Sejalan karena Samsung yang lebih berfokus pada Bixby, Samsung memutuskan untuk menutup S Voice pada 1 Juni 2020 mendatang. Setelah tanggal tersebut, pengguna otomatis tak lagi bisa menggunakan fitur-fitur yang dimiliki S Voice.

Nantinya pengguna akan mendapatkan pesan “Iā€™m unable to process your request. Try again later” jika hendak menggunakan S Voice.

Dampak diakhiri riwayatnya S Voice ini cukup luas, tapi hanya untuk beberapa smartphone lama Samsung seperti Galaxy A3, A5, A7, A8, A9, Galaxy W, Galaxy Note FE, Galaxy Note 2, 3, 4, 5, hingga Galaxy S III, S4, S5, S6, dan S6 edge.

Adapun beberapa tablet yang tak lagi bisa menggunakan S Voice, yakni Galaxy Note Pro 12.2, Galaxy W, Galaxy Tab 4, Galaxy Tab 4 8.0/10.1, Galaxy Tab S 8.4 dan 10.5. Smartwatch Samsung seperti Gear S2, Gear S3, dan Gear Sport juga tak lagi bisa memakainya.

Jika kamu menggunakan smartphone Samsung keluaran terbaru, penutupan S Voice ini tak berdampak sebab S Voice tidak dihadirkan di smartphone Samsung terbaru, khususnya yang dirilis mulai pertengahan tahun 2018.

S Voice dihadirkan Samsung untuk menantang fitur asisten pribadi virtual buatan Apple, Siri. Fitur ini pertama kali dirilis pada smartphone Galaxy S III, yang diluncurkan 2013 lalu.

Fiturnya mirip-mirip Siri, pengguna bisa melakukan berbagai perintah suara seperti melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, membuat pengingat, atau melakukan pencarian. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dengan mengatakan “Hi Galaxy” pada smartphone.

Setelah resmi membeli perusahaan asisten virtual berbasis AI, VIV, Samsung pun mulai mengembangkan asisten virtual baru yang kemudian diluncurkan dengan nama Bixby. Setelah pertama kali ada di Galaxy S8, Samsung sudah tak lagi membawa fitur S Voice pada produk baru mereka.

Belum jelas bagaimana nasib smartphone ataupun tablet lawas Samsung yang harus kehilangan fitur ini. Belum ada informasi pula apakah Samsung akan mengirimkan update Bixby ke smartphone atau tablet terdampak atau tidak.

Beberapa diantaranya beruntung karena masih mendukung fitur Google Assistant, fitur bawaan Google yang sejenis dengan S Voice. Namun yang sudah lawas seperti Galaxy S III tentu tak mendukung Google Assistant, dan hanya bisa memakai Google Now yang secara fitur lebih minim dari Google Assistant.

via SamMobile

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.