via Google

Aplikasi video conference kini sangat dibutuhkan, khususnya bagi para pekerja yang menerapkan sistem work from home. Google menyadari pentingnya akses yang luas bagi aplikasi ini dengan menggratiskan Google Meet.

Google Meet dari yang sebelumnya berbayar, kini akan digratiskan Google mulai bulan Mei mendatang. Google Meet akan digratiskan Google hingga 30 September mendatang.

Baca juga:

Google Meet yang digratiskan ini memiliki fitur yang sama dengan Google Meet untuk G Suite. Pengguna bisa menikmati fitur seperti screen sharing, real-time caption, dan mengatur layout tampilan. Namun, untuk versi gratis ini pengguna bisa melakukan video conference hingga 60 menit.

Google Meet ini juga bisa digunakan untuk video conference hingga 100 orang. Pengguna juga dapat melakukan scheduling dalam Google Meet.

Salah satu yang diperhatikan Google adalah masalah privasi dan keamanan. Google mengklaim Google Meet aman digunakan, seperti kontrol penuh host video conference untuk mengizinkan pengguna bergabung, mute audio, dan menghapus pengguna.

Selain itu, Google juga melakukan kode meeting yang dibuat secara kompleks, serta enkripsi. Google juga mengaku tidak data video conference untuk iklan, ataupun dijual ke pihak ketiga.

Ya, Google ingin menepis isu keamanan seperti yang terjadi pada Zoom, aplikasi video conference yang belakangan booming. Zoom sendiri banyak diisukan mempunyai masalah keamanan, hingga adanya Zoombombing atau pengguna tak diundang yang masuk ke video conference.

Akses Google Meet dibuka untuk seluruh orang, asalkan memiliki akun Google. Pengguna bisa mengakses Google Meet melalui meet.google.com melalui browser apapun di desktop, atau menggunakan aplikasi Google Meet yang tersedia di Android dan iOS.

Eiiittsss… Google sendiri mewajibkan pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Meet versi gratis ini. Kamu bisa mendaftar di laman Google Meet, dan mengisi kolom seperti nama, e-mail, hingga tujuan penggunaan.

Google Meet sendiri semulanya merupakan salah satu produk dari G Suite, layanan Google untuk enterprise dan korporasi. Selain Google Meet, ada Gmail, Drive, dan Docs yang turut tergabung. G Suite mengenakan biaya bagi pengguna.

Tertarik menggunakannya?

via Google, CNET

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.