Sebagai pengguna Pixel, saya sudah menggunakan Android 10 sejak OS tersebut dirilis oleh Google pada 4 September 2019 (ya kurang lebih sudah 8 bulan) dan ada banyak sekali fitur-fitur menrik yang wajib digunakan pada OS ini.

So, bagi kamu yang baru saja mendapatkan update tersebut, berikut ini adalah X fitur yang wajib kamu coba setelah ponselmu mendapatkan update Android 10:

1. Navigasi Gesture

Jujur aja, awalnya saya sempat kesulitan menggunakan navigasi gesture di Android 10 (mungkin karena harus beradaptasi dan gak ada tutorial sama sekali dalam penggunaan awal navigasi gesture) dan menganggap jika fitur ini kurang begitu berguna karena gesturenya terjadang saling bentrok satu dengan yang lain.

Tapi setelah sekitar sebulan beradaptasi justru saya sangat suka sekali dengan navigasi gesture yang ada di Android 10. Kenapa?

Karena dengan adanya navigasi gesture kamu bisa beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan lebih mudah dan juga tombol kembali ada di mana saja (entah dari sisi kiri atau kanan layar). Jadi, fitur ini sangatlah memudahkan bagi kamu yang sering menggunakan ponsel dengan satu tangan.

2. Dark Mode

via 9to5Google

Selain navigasi gesture, fitur lain yang wajib kamu coba di Android 10 adalah Dark Mode. Nah, dark mode di Android 10 ini spesial karena kamu bisa membuat (mamaksa) beberapa aplikasi untuk menerapkan tema serupa dan ini akan membuat kamu jauh lebih nyaman jika menggunakan ponsel dalam tempat yang punya cahaya redup bahkan gelap sekalipun.

3. Pengaturan privasi

Google menjanjikan bahwa Android 10 akan jauh lebih aman lagi karena adanya pengaturan privasi yang jauh lebih ketat dibandingkan versi Android sebelumnya dan it’s OK. Walaupun sebenarnya memang kurang begitu terasa dampaknya. Tapi sejauh ini, saya merasa jika fitur ini cukup berguna terutama pembatasan lokasi ketika menggunakan aplikasi.

Kebayang dong kalo di setiap tempat yang kamu kunjungi tiba-tiba saja ada notifikasi berupa rekomendasi tempat? Kalo saya sih jelas akan merasa terganggu sehingga akan membuat aplikasi dapat mengakses lokasi ketika saya memang menggunakannya.

4. Sharing Wi-Fi dengan QR Code

Pernah kesulitan berbagai Wi-Fi dengan teman kamu? Di Android 10 kamu tak akan lagi merasakan hal tersebut karena adanya fitur Wi-Fi share menggunakan QR-Code. Untuk lebih jelas akan fitur tersebut, kamu bisa baca artikel DroidPoin terkait kedua hal tersebut di bawah.

Baca:

5. Smart Replies

Kalau kamu gak punya banya waktu (entah lagi sibuk atau lagi ada kerjaan penting), maka ada fitur bernama Smart Replies di Android 10. Fitur ini akan memunculkan beberapa opsi jawaban dari chat yang muncul di notifikasi kamu, pokoknya memudahkan banget kalo misalkan kamu gak bisa bales chat tersebut dengan mengetik panjang lebar.

6. Notifikasi Musik

Kalau kamu suka dengerin musik di perangkat kamu, mungkin kamu akan suka dengan notifikasi musik yang ada di Android 10. Pasalnya kamu kini bisa mempercepat dan mengulang kembali dengan lebih mudah karena adanya seek bar.

Itulah 6 fitur yang wajib kamu coba setelah ponselmu mendapatkan update Android 10. Kalau kamu punya pendapat lain, silakan sampaikan di kolom komentar.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.