xiaomi_mi_4cBila kamu menggunakan perangkat Android buatan dari Xiaomi, pastinya ketika saat melakukan mengkonfigurasi awal perangkat ada satu sesi yang mungkin kamu lewatkan, yap Mi Account.

Alasannya bervariasi mulai dari jaringan yang belum di setting/tidak ada kuota, tidak begitu peduli yang penting perangkat berjalan normal, tukang setting tidak menyarankan dan sebagainya.

Jadi, Apakah fungsi Mi Account?

Mi Account merupakan sebuah layanan data cloud yang disediakan oleh Xiaomi, yang mana dapat menyimpan data seperti file media, kontak, catatan, sms hingga melacak perangkat xiaomi yang hilang.

Dengan memiliki Mi Account, pengguna juga dapat mengakses Mi Cloud, MIUI Theme Store, Mi Store, Mi Talk, dan MIUI Forum.

Bagaimana membuat Mi Account?

Mi Account dapat dibuat langsung di perangkat Xiaomi pada menu Setting > Mi Account atau melalui https://account.xiaomi.com. Untuk pendaftaran, kita menyarankan menggunakan nomor ponsel atau email yang Daily Use karena akan memudahkan bila nantinya lupa password.

Sudah mendaftar, lalu apa yang harus saya lakukan?

Bila telah berhasil membuat Mi Account, kamu dapat melengkapi biodata kamu  seperti menambahkan security question (optional) atau langsung mengatur apa saja yang harus di simpan dan di sinkronasikan pada menu Mi Cloud atau melalui https://i.mi.com/.

Bagaimana cara mengaktifkan Find Device?

Untuk mengaktifkannya harus melalui perangkat Xiaomi dengan pergi ke menu Mi Cloud lalu gulirkan tombol aktif di form menu Find Device.

Secara otomatis sistem akan mengirimkan sms ke server, dan bila berhasil akan muncul notifikasi di perangkat Xiaomi kamu. (Tarif sms berlaku)

Jadi bila perangkat Xiaomi kamu hilang, masih bisa di lacak keberadaanya dengan mengunjungi ke situs https://i.mi.com/ dan pilih menu Find Device.

Saya ingin mengganti/menjual perangkat Xiaomi, Apa yang harus saya lakukan dengan Mi Account?

Sama halnya dengan iCloud di perangkat iOS, Mi Account juga cukup sensitif dengan authentication bila kamu melakukan reset/pengaturan pabrik, jadi bila kamu belum Sign Out dari Mi Account tersebut maka ia akan meminta kamu untuk masuk kembali dengan akun yang sama.

Untuk itu, pastikan Mi Account telah Sign Out sebelum mengganti/menjual perangkat Xiaomi kamu.

Kesimpulan

Semua pilihan pastinya kembali kepada pengguna, dimana bila kamu memerlukan penggunaan yang teroptimalisasi seperti keamanan dan sinkronasi data pada perangkat Xiaomi kamu, ada baiknya untuk memakai Mi Account.

Meskipun kita menganjurkan untuk menggunakan Mi Account, bukan berarti perangkat Xiaomi kamu tidak berjalan dengan normal bila tidak menggunakannya, hanya saja layanan eksklusif yang mereka tawarkan tidak dapat kamu nikmati.

So, let’s make choice ☺.

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.