Elemen terpenting dalam penggunaan smartphone masa kini ada di bagian touch screen, hal ini dikarenakan sebagaian besar ponsel masa kini sudah menggunakan layar sentuh. Tapi seiring waktu berjalan, touch screen pada ponsel kamu mungkin saja mengalami masalah dan responnya tidak sebaik seperti ketika pertama kamu membelinya.

Maka dari itu, dikesempatan kali ini DroidPoin ingin memberi kamu beberapa rekomendasi aplikasi untuk menguji (mendiagnosa) touch screen di ponsel Android. Siapa tahu saja, setelah melakukan pengujian ini kamu mengetahui masalah yang sesungguhnya.

1. Touchscreen Test

Aplikasi ini merupakan aplikasi klasik untuk menguji touch screen pada ponsel Android kamu. Ketika kamu membuka aplikasi ini, maka aplikasi akan menampilkan beberapa white spot dan tugas kamu adalah mengetuk atau melakukan swipe di setiap white spot tersebut hingga warna tiap-tiap titik putih berubah menjadi hijau. Jika seandainya ada white spot yang masih tersisa, itu pertanda bahwa bagian tersebut mengalami masalah.

Jadi aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang ingin mengetahui, apakah ada bagian dari touch screen yang sudah tidak aktif atau mengalami masalah.

2. MultiTouch Tester

Biasanya, setiap ponsel yang sudah menggunakan layar sentuh mendukung hingga 10 jari dalam satu kali sentuhan. Namun pada kenyataannya, ada ponsel yang tak sanggup melakukan hal tersebut dan hal ini paling terasa ketika kamu memainkan sebuah game yang memang memerlukan banyak sekali tap atau menggunakan banyak jari (contohnya adalah PUBG Mobile yang mana membutuhkan minimal 3 jari)

Maka dari itu, buat kamu yang merasa respon dari touch screen kamu bermasalah atau ingin tahu seberapa banyak dukungan touch screen (multi touch) yang ada di ponsel kamu, silakan gunakan aplikasi ini untuk mengujinya.

Dalam aplikasi ini, kamu akan diberikan sebuah kanvas kosong yang mana bisa kamu gunakan untuk mengetuk dengan jari kamu. Ketika jari kamu mengetuk bagian layar, maka akan muncul nomor serta lingkaran yang gunanya adalah untuk menandai seberapa banyak jari yang terdeteksi di touch screen.

3. Screen Test Pro

Aplikasi ketiga adalah penggabungan dari dua aplikasi sebelumnya, jadi di dalam aplikasi ini ada banyak sekali pengujian touch screen yang bisa kamu lakukan, sehingga kamu gak perlu ribet-ribet untuk mengunduh dua aplikasi, karena pengujian bisa dilakukan dengan satu aplikasi saja!

Semoga bermanfaat 😁

  Redmi 9A Indonesia: Kenapa Bisa Murah..??  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.