Salah satu bagian terbaik menggunakan Android adalah kemampuan untuk menavigasi dengan cepat dan mudah melalui sistem file smartphone kamu. Tapi aplikasi file manager apa yang kamu gunakan?, memang google sudah menanamkan file manager bawaan di sebuah smartphone, tetapi tidak ada salahnya kok jika kamu ingin install aplikasi file manager android dari pihak ketiga.

Baca Juga:

Oke aku udah buat list tentang aplikasi file manager android terbaik yang mungkin bisa jadi alternatif pilihan untuk kamu.

1. X-plore File Manager

X-plore file manager merupakan salah satu aplikasi file manager android terbaik. Meskipun secara tampilan mirip dengan interface PC 90an, tetapi tidak mengurangi fungsi utama dari aplikasi ini.

X-plore lebih mengedepankan kemudahan pengoperasian,ditambah dengan tampilan dual pane yang tergolong user friendly. Dengan tampilan dual pane tersebut, kamu akan bisa memindahkan sebuah file dengan mudah dan lebih akurat.

Aplikasi ini juga support dengan Google Drive, Dropbox, Amazon Cloud Drive, One Drive dll. Bisa dibilang ketika kamu membutuhkan cloud storage, aplikasi ini akan dengan mudah memandu kamu ke aplikasi cloud storage yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi tipe file seperti FTP, SMB, SQLite, ZIP, RAR, 7-Zip. Download X-plore File Manager.

2. Files by Google

Files by Google sebenarnya adalah aplikasi file manager yang default terpasang di smartphone android, cuma gak semua merk terpasang aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi file manager yang cukup lengkap, selain sebagai pencari folder aplikasi ini juga bisa membersihkan segala macam sampah dan file yang lama tersimpan.

Fitur yang paling menonjol dari aplikasi ini adalah, kamu bisa mengkirim folder terenkripsi dengan orang terdekat kamu tanpa koneksi internet. Kelemahan aplikasi ini adalah kamu tidak bisa mengakses file hingga terdalam (file root) dan jika kamu suka me-root smartphone, aplikasi ini mungkin kurang cocok dengan kamu.

Tetapi terlepas dari itu, aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan kok, jadi kesalahan dalam pemakaian bisa di minimalisir oleh aplikasi ini. Download Files by Google.

3. FX File Explorer

Selanjutnya ada FX File Explorer, aplikasi ini juga masuk sebagai salah satu aplikasi file manager android terbaik. Kamu bisa download aplikasi ini secara gratis, dan yang paling menggiurkan aplikasi ini ad-free, dan tracking data yang cepat.

Jika kamu menginstall aplikasi ini, awalnya kamu akan ditanya beberapa security permissions, dan ini sangat penting karena aplikasi ini bisa diakses bahkan hingga sistem root. Mirip dengan X-plorer, aplikasi ini juga support dengan cloud storage macam google drive dll, tetapi untuk bisa menikmati cloud storage tersebut kamu harus mengupgrade aplikasi ini ke premium. Download FX File Explorer.

4. Solid Explorer File Manager

Setelah melewati aplikasi beberapa aplikasi gratis, kali ini ada aplikasi berbayar yang cukup worth-it untuk kamu install yaitu Solid Explorer File Manager. Aplikasi ini secara garis besar mirip X-plorer dan FX File Explorer namun secara interface lebih menarik dan jika kamu memang suka dengan estetika mungkin aplikasi ini yang terbaik untuk kamu.

Sama-sama support cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, Amazon Cloud Drive, One Drive dll. Tetapi ada satu kelebihan tambahan yang benar-benar membantu kamu ketika mengoperasikan aplikasi ini, yaitu indexed searching dan drive statistics. Download Solid Explorer.

5. Total Commander

Jika kamu adalah user PC di era 90an, kamu pasti akan mengenal aplikasi yang bernama Windows Commander. Ya Total Commander ini merupakan aplikasi yang sama dengan Windows Commander, selain fungsi nya yang support berbagai macam bookmarks, file packaging dan aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk mengcustomisasi tombol pada toolbar.

Oh ya aplikasi ini juga banyak plugins untuk FTP/SFTP clients, WebDAV, dan juga mendukung LAN access. Download Total Commander.

Oke itu tadi list aplikasi file manager android terbaik, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih !.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.