via PCMag

Tahun 2020 merupakan tahun dimana OEM ponsel mulai memproduksi perangkat dengan dukungan koneksi 5G, bukan hanya untuk seri flagship saja, melainkan sudah ada beberapa seri midranger yang mendukung hal tersebut dan tahun depan, seharusnya akan ada lebih banyak lagi ponsel yang mendukung konektivitas 5G!

Mungkin hal inilah yang sedang dinanti oleh Qualcomm, pasalnya mulai awal tahun 2021 mereka sudah mengonfirmasi akan mulai merilis chipset 5G yang benar-benar murah untuk ponsel dengan kategori budget dan bisa dipastikan bahwa chipset ini termasuk ke dalam seri Snapdragon 4XX.

Sebagai tambahan informasi untukmu, sebenarnya Qualcomm sudah sudah meresmikan chipset Snapdragon 690 yang diprediksi bakal jadi salah satu chipset mainstream untuk ponsel midranger di tahun ini, namun hingga saat ini belum ada satupun perangkat yang menggunakan chipset tersebut.

Kabarnya, sudah ada beberapa OEM yang menyambuat baik kehadiran chipset Snapdragon 4XX yang memiliki dukungan 5G dan Qualcomm sudah mengklaim bahwa ponsel pertama yang akan menggunakan chipset ini pada awal tahun depan adalah ponsel milik Motorola, Oppo dan juga Xiaomi (tidak dijelaskan seri apa).

Apabila semuanya berjalan sesuai rencana, Qualcomm memprediksi akan ada lebih dari 750 juta ponsel 5G yang akan dipasarkan selama tahun 2022 dan angka tersebut akan terus meningkat, hingga nantinya akan melebihi 1 miliar perangkat di tahun 2023. Sebagai perbandingan, tingkat adopsi perangkat 4G membutuhkan waktu setidaknya 2 tahun untuk dapat menyentuh angkat 1 miliar unit.

via Qualcomm

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.