via Android Police

Jika kamu adalah pengguna stock Android atau OS Android yang minim kustomisasi, maka kamu pasti akan sering menjumpai halaman Google Discover. Itu loh, kumpulan kartu (berita atau informasi) yang akan muncul ketika kamu melakukan swipe ke arah kanan dari home screen kamu.

Jadi, apa itu Google Discover?

Google Discover merupakan bagian dari aplikasi Google yang tersedia untuk perangkat Android atau iOS, khusus untuk pengguna stock Android atau Android One, kamu bisa mengakses halaman ini dengan melakukan swipe ke arah kanan dari home screen kamu. Cara kerja dari Google Discover adalah dengan mengumpulkan berbagai informasi dari aplikasi milik Google (misal Chrome, YouTube dan lain-lain) mengenai hal yang kamu senangi atau hal-hal yang menarik untukmu, tentu saja informasi ini  berdasarkan dari hasil pencarian yang sering kamu lakukan atau dari kebiasaan yang kamu lakukan di smartphone kamu.

Selain dari hal yang biasa kamu cari, Google Discover juga bisa kamu atur tingkatannya (intensitas munculnya informasi). Misalkan kamu tertarik dengan dunia teknologi dan kebetulan banget pada halaman Google Discover ada informasi mengenai Windows 10 atau judul game tertentu yang membuat kamu tertarik, maka kamu bisa tingkatkan intensitas informasi mengenai hal tersebut dengan memberikan “love” atau meningkatkan ketertarikan kamu dengan memilih opsi “more” seperti gambar di bawah ini:

Selain dari pencarian atau dengan mengatur tingkatan intensitas informasi yang ingin kamu terima, Google Discover juga menyediakan opsi lainnya yakni minat. Sebenarnya, hal ini gak jauh beda dengan dua hal di atas, hanya saja minat ini lebih spesifikasi ke suatu hal (mis. komik tertentu, atlit tertentu, band tertentu, konsol tertentu dan lain-lain) bukan dalam bentuk kategori yang bersifat umum.

Cara mengaktifkan minat di halaman Google Discover sangatlah mudah. Jadi, pada halaman Google Discover kamu cukup pilih “more” atau ikon titik tiga di kartu manapun, selanjutnya tinggal pilih menu “kelola minat” dan tinggal atur mana minat yang kamu sukai dengan tap tombol plus.

Itulah gaes sedikit pembahasan mengenai Google Discover, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu. 😁

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.