Alih-alih menggunakan lensa tradisional (berbentuk seperti piringan pipih atau yang menggunakan elemen asferis), Huawei Mate 40 Pro justru malah dilengkapi dengan lensa FreeForm untuk kamera ultra-wide miliknya. Hal ini menimbulkan banyak sekali pertanyaan seperti: “Apakah itu lensa free form?”, “Apa bedanya dengan lensa tradisional?” dan juga “Apa keunggulan dari lensa ini?”.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan lensa FreeForm di Huawei Mate 40 Pro, berikut ini adalah penjelasan singkatnya!

DynaOptics menjelaskan bahwa FreeForm ini adalah lensa yang unik dimana permukaan bias lensa FreeForm ditentukan oleh persamaan matematika yang amat kompleks, sehingga memungkinkan pembengkokan cahaya yang radikal dan unik (atau bisa disebut sebagai Anti-distortion). Sayangnya, tidak mudah untuk menyematkan teknologi FreeForm ke dalam sebuah lensa kamera, hal ini dikarenakan lensa FreeForm memerlukan resolusi yang tinggi, sudut pandang yang lebar, aberasi rendah, sudut pandang tersegmentasi, kinerja cahaya rendah, dan parameter optik lainnya pun harus dicapai dengan cara yang unggul daripada lainnya.

Masih bingung? Simpelnya itu lensa FreeForm memungkinkan kamera ponsel untuk mengatasi masalah distorsi sebaik mungkin. Akan tetapi, penggunaan lensa ini di seri Huawei Mate 40 Pro bukan semata-mata hanya untuk mengatasi masalah distorsi saja! Huawei menjelaskan bahwa mereka menggunakan teknologi lensa FreeForm dikarenakan lensa ini juga punya bobot yang ringan, minim komponen optik dan yang terpenting adalah memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk ke sensor sehingga dapat meningkatkan performa kamera dan kualitas gambar.

Huawei juga menambahkan bahwa mereka telah menguji teknologi ini selama lebih dari dua tahun dan pada akhirnya mereka baru berhasil menghadirkannya ke pasar komersial pada akhir tahun ini. Menariknya, Huawei juga memiliki rencana untuk mengatasi masalah serupa pada lensa telephoto yang belakangan ini semakin populer. Lensa jenis ini mengalami cukup banyak masalah distorsi dan sama sepeti lensa ultra-wide, mungkin butuh waktu yang agak lama sebelum nantinya tersedia di pasar komersial.

via GSMArena

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.