Sepertinya memang benar era trend gaming mobile ke depannya akan berubah ke cloud gaming, buktinya sudah banyak brand terkenal yang berinvestasi di lini cloud gaming ini. Sejumlah brand seperti Project xCloud (Xbox), Google Stadia, dan Nvidia’s GeForce sudah memulai langkah besarnya tersebut, bahkan kabar terbaru datang dari Facebook juga telah mengumumkan bahwa mereka telah mengenalkan layanan cloud gaming yang bisa dinikmati secara gratis.

Baca Juga:

Ini benar-benar kabar yang sangat mengejutkan, dimana mereka telah memperbesar platformnya khususnya layanan gaming, dengan menambahkan layanan cloud gaming yang bisa dinikmati oleh para gamer secara gratis. Layanan ini memungkinkan para gamer untuk bermain dan streaming game tanpa harus mendownload game tersebut.

Hal ini jelas akan membuat storage smartphone kamu akan aman dan tidak akan terbebani dengan ukuran game yang besar. Selain itu, cukup berbeda dengan Project xCloud, Google Stadia, ataupun Nvidia GeForce untuk saat ini Facebook hanya menawarkan game-game yang relatif kecil dan gratis untuk dimainkan. Game-game tersebut adalah Asphalt 9: Legends, Mobile Legends: Adventure, PGA Tour Golf Shootout, Solitare: Author’s Tale, dan WWE SuperCard.

Tetapi untuk ke depannya Facebook akan menambahkan beberapa game termasuk game Dirt Bike Unchained dan masih banyak lagi. Seperti yang di kabarkan dari blog resmi Facebook bahwa platform cloud gaming ini nantinya akan memprioritaskan fungsionalitas daripada sebuah grafis, tetapi tidak berarti Facebook hanya menyediakan game kecil saja, nantinya akan ada inovasi-inovasi terbaru dari Facebook yang akan memperkenalkan game-game yang bertaraf besar.

Selain itu, Facebook juga memungkinkan para player untuk memisahkan akun Facebook reguler dengan akun game player. Dengan adanya fitur ini kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk membuat nama pemain dan avatar yang unik di tiap game yang kamu mainkan. Sayangnya fitur ini masih belum dirilis secara global dan baru bisa dinikmati di daerah tertentu di Amerika Serikat.

Sebagai tambahan, Facebook cloud gaming ini baru tersedia untuk versi web dan versi android, jelas ini merupakan hal yang seru dimana kita sebagai pengguna android bisa menggunakan fitur ini ketika cloud gaming dirilis secara global. Nantinya, menu cloud gaming ini akan tersedia di menu Facebook Gaming, dan kamu juga bisa mencoba fitur ini nantinya lewat sebuah interaktif ads, dimana kamu bisa “mencicipi” preview game tersebut sebelum memainkannya, jelas ini langkah yang sangat bagus untuk menarik sejumlah user baru untuk memainkan game tersebut.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang Facebook cloud gaming ini? apakah ini merupakan sebuah terobosan yang sangat baik dari Facebook? ataukah malah ini menjadi sebuah blunder dari Facebook?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu semuanya.

Sumber

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.