via 9to5Google

Salah satu fitur unggulan di Android 11 adalah tersedia fitur screen recording atau perekam layar bawaan. Dengan demikian, kamu udah gak memerlukan lagi aplikasi perekam layar dari pihak ketiga, karena hasil dari perekam layar bawaan di Android 11 saja sudah cukup memuaskan.

Tapi, fitur baru biasanya tidak terlepas dari masalah dan jika diantara kamu ada yang mengalami masalah pada perekam layar di Android 11, mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu memecahkan masalah yang sedang kamu alami:

1. Restart Ponsel

Sebelum kamu mencoba berbagai cara, alangkah lebih baik untukmu untuk merestart perangkatmu. Karena dengan melakukan restart/reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada ponsel Android kamu.

2. Matikan Force Desktop Mode

Kalau kamu memiliki masalah pada audio dan video dalam perekaman layar, itu mungkin dikarenakan Force Desktop Mode sedang dalam kondisi aktif. Jadi, silakan untuk menonaktifkannya terlebih dahulu dengan pergi ke System > Developer options.

Setelah dinonaktifkan, silakan restart/reboot ponselmu.

3. Aktifkan Notch

Jika hasil perekaman layarmu terlihat seperti terjepit/terhimpit atau di tampilannya terdapat pikselasi, itu mungkin karena notch. Kalau kamu pernah menonaktifkan notch, maka ini saatnya untuk mengaktifkannya kembali.

Untuk mengaktifkan notch, buka Pengaturan> Sistem> Opsi pengembang. Gulir ke bawah dan temukan opsi Display cutout, lalu setelahnya tinggal pilih Device default.

4. Copot Earphone atau Headphone yang Terpasang

Jika kamu mencoba merekam audio internal di ponsel, maka kamu harus melepaskan earphone yang terhubung atau aksesori lainnya, agar tidak ada kendala audio ketika perekman layar berlangsung. Setelah aksesori dilepas, pilih Audio Internal di pengaturan Audio Perekam Layar lalu coba rekam.

5. Uninstal Aplikasi Pihak Ketiga

Kalau udah ada aplikasi bawaan, kenapa harus tetap menginstal aplikasi dari pihak ketiga? Pilih aja salah satu, agar tidak saling mengganggu.

6. Pastikan Aplikasi Sudah Mendukung Screen Recorder

Screen recorder adalah fitur baru yang hadir di Android 11, jadi sangat wajar jika ada beberapa aplikasi yang belum mendukung fitur tersebut. Jadi, bukan berarti screen recorder kamu yang bermasalah, bisa jadi itu dikarenakan aplikasi tersebut belum mendukung screen recorder di Android 11.

 

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.