Home Editorial Apa itu Clear Cache dan Data di Android?

Apa itu Clear Cache dan Data di Android?

Apa itu Clear Cache dan Data di Android?

Mungkin kamu sering melakukan clear cache dan data di Android untuk melegakan space (ruang kosong) pada Android milikmu. Namun, tahukah kamu apa itu yang dimaksud dengan clear cache dan data di Android, serta apa pula perbedaaanya?

Nah, pada kesempatan akli ini DroidPoin akan coba sedikit membahas hal tersebut.

Clear Cache

Dengan seringnya menggunakan aplikasi Android, maka kamu akan semakin sering menarik data dari internet (jika dibutuhkan), misalnya saja gambar. Ketimbang menarik data dari internet setiap kali kamu menggunakan aplikasi tersebut untuk membuka gambar, gambar tersebut akan disimpan dalam bentuk cache. Dengan demikian gambar tersebut dapat lebih cepat untuk diakses dikemudian hari jika kamu kembali membukanya, plus kamu juga bisa lebih menghemat kuota.

Namun, semakin banyak dan seringnya data yang tercache maka penyimpanan kamu akan semakin membengkak, sehingga kamu harus membersihkannya dan itulah yang dimaksud dengan clear cache.

Clear Data

Clear data dan clear cache itu berbeda, jika cache merupakan pengambilan data dari internet yang mana data tersebut nantinya dapat diakses dengan lebih cepat dikemudian hari, maka data adalah kebalikannya yaitu pengambilan data dari internet yang dapat diakses secara offline.

Sebagai contoh adalah data yang kamu gunakan untuk masuk ke suatu apllikasi (login menggunakan e-mail), atau lagu yang kamu simpan dari aplikasi streaming seperti Spotify atau Joox, lalu ada juga peta yang tersimpan secara offline dan masih banyak contoh lainnya.

Dengan melakukan clear data kamu akan mengembalikan aplikasi seperti semula (seperti pertama kali kamu menginstallnya).

Nah itulah gaes sedikit penjelasan mengenai apa itu yang dimaksud dengan clear cache dan data di android, semoga dapat menambah wawasan kamu mengenai berbagai macam istilah di Android.:)

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.