via ephotozine

Terkadang, kita suka kesal apabila suatu aplikasi mengalami lag, apalagi ketika aplikasi tersebut sangat dibutuhkan. Masalah ini bukan hanya akan muncul pada game atau pada aplikasi yang kamu install dari Play Store saja, aplikasi bawaan seperti kamera pun bisa mengalami lag!

Nah, kalau seandainya aplikasi kamera bawaan kamu mengalami lag, kamu bisa coba beberapa tips dari DroidPoin berikut untuk mengatasinya:

1. Coba aplikasi pihak ke-3

Kalau kamu merasa ada masalah dibagian hardware atau sensor kamera, ada baiknya kamu gunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuktikannya. Jika terbukti benar yang bermasalah adalah hardware, maka hal yang sama juga akan terjadi pada aplikasi pihak ketiga.

2. Tutup recent apps

Android diketahui membuat beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang ponsel hingga kamu mematikannya. Karena itu, akan ada satu atau lebih aplikasi yang haus akan sumber daya berjalan di latar belakang sehingga mengonsumsi sebagian besar RAM ponsel. Mungkin, itulah alasan mengapa aplikasi kamera pada ponselmu menjadi lag. Jika aplikasi tersebut dirasa tidak terlalu penting, maka kamu bisa menutup aplikasi tersebut.

3. Kosongkan penyimpanan

Jika ponsel kamu kehabisan ruang penyimpanan, aplikasi kamera mungkin akan kesulitan saat hendak menyimpan foto atau video. Google sudah menjelaskan bahwa setidaknya kamu harus menyisihkan 10% dari total penyimpanan untuk menghindari pelambatan.

4. Matikan mode power saver

Mengaktifkan Penghemat baterai dapat membantu kamu membatasi penggunaan daya pada ponsel dan tentu saja akan memperpanjang masa pakai baterainya. Namun untuk mencapai hal ini, ponsel Android perlu menyesuaikan kinerjanya dan menonaktifkan beberapa fitur. Mungkin saja, aplikasi kamera kamu menjadi lag akibat dari hal ini, jadi silakan nonaktifkan fitur tersebut untuk pengalaman menggunakan kamera yang lebih baik.

5. Bersihkan cache aplikasi

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi kamera di ponselmu juga akan mengumpulkan cache selama digunakan. Jika cache tersebut menjadi tak dapat diakses karena suatu alasan, maka itu dapat memengaruhi kinerja aplikasi — mulai dari performanya menjadi lag hingga aplikasi kamera mengalami force close.

Untuk cara menghapus cache pada aplikasi kamera, silakan kunjungi halaman berikut.

6. Reset pengaturan kamera

Kalau kamu adalah orang yang suka banget ngoprek pengaturan yang ada di kamera, mungkin kamu tak akan sulit untuk menemukan settingan yang pas. Namun, gimana jadinya jika yang kamu gunakan adalah ponsel milik temanmu dan kebetulan, temanmu itu adalah teman yang tak begitu paham dengan hal begituan.

Bisa jadi, temanmu bakal kesulitan dan mungkin saja hal tersebut akan membuat performa aplikasi tersebut lag. Nah, untuk cara mengatasi hal ini, kamu bisa mereset pengaturan kamera ke awal dan untuk caranya, silakan cek disini.

Nah, begitulah gaes beberapa tips dari DroidPoin untuk mengatasi masalah lag pada aplikasi kamera. Semoga membantu dan bermanfaat 😁

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.