Inilah 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu dari Chip Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1

Seperti yang kamu ketahui, beberapa hari yang lalu Qualcomm baru saja meresmikan dua chipset terbarunya yakni Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. Nah, buat kamu yang penasaran dengan chip paling tangguh dari Qualcomm, berikut ini adalah beberapa hal menarik terkait dengan chipset tersebut:

1. Berbasis TSMC

Qualcomm menjelaskan bahwa untuk seri chip Snapdragon 8+ Gen 1, mereka tak lagi mengandalkan perakitan asal Samsung — kali ini menggunakan basis dari TSMC. Hal ini pun akhirnya terbayarkan karena walaupun chip ini sama-sama menggunakan arsitektur 4nm, namun TSMC berhasil memberikan beberapa peningkatan yang terbilang lumayan di sektor performa dan juga daya tahan.

2. Performa Meningkat 10%

Sektor performa jadi salah satu yang mengalami peningkatan, memang tidak terlalu signifikan karena Qualcomm hanya berhasil meningkatkan kinerja CPU jadi 10% lebih tinggi. Hal ini tak terlepas dari Inti Cortex-X2 yang memiliki kecepatan @3,2GHz — chip Snapdragon 8 Gen 1 mentok di 3.0Ghz. Namun bukan cuma itu saja, karena hampir semua inti yang ada di chip ini juga mengalami peningkatan kecepatan sama seperti Cortex-X2.

Demikian pula untuk sektor GPU, dimana kini mampu berjalan pada frekuensi 10% lebih tinggi sekaligus mengurangi penggunaan daya hingga 30%. Selain itu, mesin AI yang sekarang memiliki kinerja 20% lebih baik di bandingkan dengan pendahulunya.

3. Efisiensi Daya yang Lebih Baik

Tadi kita sudah sedikit menyinggung tentang daya, namun secara keseluruhan efisiensi daya dari chip Snapdragon 8+ Gen 1 hanya meningkat sebesar 15%. Simpelnya gini, ponsel yang menggunakan chipset ini dapat melakukan streaming video selama 1 jam 30 menit lebih lama daripada yang menggunakan chip pendahulunya. Begitu pula untuk telepon dan multi-tasking ringan, dimana Qualcomm mengklaim bahwa dengan chip ini kamu bisa melakukan kedua hal tersebut hingga 5 jam dan 30 menit lebih lama.

4. Masih Memiliki Isu Panas?

Lagi dan lagi, masih ada masalah serius yang mengintai chip Snapdragon 8+ Gen 1 dan Qualcomm sendiri yang mengonfirmasi hal tersebut. Menurut mereka, chip ini tak pernah mengalami masalah di konektivitas maupun di kemampuan pemrosesan gambar. Masalah utamanya adalah ketika beban kerja yang berat akan membuat suhu naik dan persentase baterai turun menjadi lebih cepat.

5. Tersedia Mulai Q3 2022

Qualcomm mengatakan bahwa perangkat Snapdragon 8+ Gen 1 akan tersedia pertama kali pada Q3 mednatang (Juli-September) dan ada daftar panjang OEM yang saat ini sedang mengantre chip tersebut yang diantaranya adalah Asus ROG, Black Shark, HONOR, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, OSOM, realme, Red Magic, Redmi, vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Adrianto Jossy

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra)

Post navigation