Home Editorial Mana yang Lebih Aman, PIN atau Pola?

Mana yang Lebih Aman, PIN atau Pola?

Cara Agar Kunci Pola Android Tak Terlihat

Smartphone masa kini sudah dilengkapi oleh fitur keamanan sensor sidik jari (fingerprint scanner), bahkan sudah ada yang menggunakan Iris Scanner. Tapi, bagaimana jika ponsel kamu tidak memilikinya? Ya tidak masalah karena masih fitur keamanan yang lain seperti PIN, Pola, dan Smart Lock.

Ngomongin soal PIN dan Pola, mana sih dari kedua fitur tersebut yang paling aman?

Nah, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba memberikan rekomendasi fitur keamanan mana yang terbaik untuk kamu.

PIN

Mana yang Lebih Aman, PIN atau Pola?

PIN atau passcode merupakan salah satu fitur keamanan yang wajib ada di setiap smartphone baik itu pada perangkat Android, iOS, dan juga Windows Phone.

Yap, menurut DroidPoin pribadi PIN memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan Pola, karena dengan menggunakan PIN kamu bisa membuat kombinasi angka mulai dari 1000 (4 digit) hingga 9999999999999999 (16 digit), tentunya dengan kombinasi angka yang begitu banyak akan sangat sulit untuk siapa saja yang ingin membuka ponsel kamu secara paksa termasuk diri kamu sendiri!

Jujur saja, PIN ini sangat beresiko karena jika kamu menggunakan angka yang sering dan berhubungan dengan diri kamu (tanggal lahir, nomor telepon, dll)  maka akan sangat mudah sekali untuk diketahui, tetapi jika menggunakan angka random (baru) kemungkinan kamu melupakan angka tersebut cukup besar.

Pola

Masih Mencari Kunci Pola untuk Android? Berikut Beberapa Ide untuk Kunci Pola yang Sulit

Pola atau pattern merupakan salah satu fitur keamanan selain PIN, sayangnya kombinasi pada Pola tidak sebanyak kombinasi pada PIN, tetapi pola tetap bisa memberikan keamanan yang cukup baik untuk smartphone kamu.

Kombinasi pada Pola lebih mudah untuk kamu ingat, tapi sangat mudah pula untuk di ketahui karena biasanya pola meninggalkan bekas pada layar. Jadi, jika kamu lebih memilih untuk menggunakan pola pastikan kamu membuat pola yang sedikit rumit dan unik.

So, manakah fitur yang paling aman, PIN ataukah Pola?

Pilihan itu kembali ke kamu, tapi menurut DroidPoin pribadi PIN merupakan keamanan yang lebih baik jika dibandingkan Pola. Namun, jika kamu lebih memilih PIN pastikan kamu membuat PIN baru yang cukup mudah untuk diingat agar suatu saat tidak lupa.

Dan jika kamu lebih memilih pola, seperti yang DroidPoin beritahukan sebelumnya bahwa pola sangat mudah untuk kamu ingat tapi biasanya pola meninggalkan bekas pada layar sehingga sangat mudah untuk diketahui. Jadi, buatlah pola serumit dan seunik mungkin.

Bagaimana dengan kamu?

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.