Home Smartphone Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!

Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!

Android O Developer Preivew akan Dirilis 4 Kali, Versi Final Tersedia Pada Q3 2017

Seperti yang kamu tahu, update Android itu selain tidak merata, pendistribusiannya pun kurang begitu cepat. Mungkin hanya ponsel buatan Google (Pixel, Nexus dan Android One) saja yang mendapatkan prioritas update Android terbaru dan hal ini sudah terjadi sejak dulu kala.

Tapi semua itu bakal berubah pada saat update Andorid “O” telah tersedia!

Pasalnya saat ini Google dikabarkan tengah menguji Project Treble, proyek ini memungkinkan update Android bakal tersedia lebih cepat untuk semua vendor ponsel.

Bagaimana bisa?

Project Treble bakal memisahakan VI “Vendor Interface” dengan update Android terbaru yang baru saja dirilis oleh Google, yang dimaksud dengan VI disini mungkin bisa dibilang sebagai skin Android yang sudah dikustomisasi (digunakan) oleh setiap vendor seperti misalnya Samsung dengan TouchWiz, Huawei dengan EMUI, Xiaomi dengan MIUI dan lain-lain.

Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!

Nantinya VI baru ini bakal sepenuhnya memisahkan diri dari Android framework, dan jika seandainya sukses VI baru tersebut akan divalidasi oleh VTS (Vendor Test Suite) atau lebih dikenal dengan Compatibility Test Suite (CTS). Nah, VTS inilah yang akan memastikan kompatibilitas dari VI setiap vendor Android tanpa perlu mengubah Android framework terlebih dahulu.

Jadi, setiap vendor dapat melakukan update Android pada perangkat tanpa perlu merubah atau memperbarui VI “Vendor Interface” yang sudah terbentuk dalam OS Android sebelumnya, cukup lakukan tes kompatibilitas dan VTS bakal mengubah VI sesuai dengan OS Android Baru.

So, mari kita nantikan saja kehadiran dari Project Treble di Android O. Semoga proyek tersebut sesuai dengan apa yang telah digambarkan oleh Google.

via Android Developer Blog

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.