Home Smartphone Mengalami Masalah Saat Melakukan Update ke Android Nougat? Berikut adalah Cara Mengatasinya

Mengalami Masalah Saat Melakukan Update ke Android Nougat? Berikut adalah Cara Mengatasinya

Kamu baru saja membeli ponsel Android baru? Akan tetapi karena ponsel yang kamu beli merupakan seri yang dirilis pada tahun sebelumnya, maka ponsel tersebut juga masih menggunakan versi Android sebelumnya yakni Marshmallow. Padahal ponsel yang kamu beli mendapatkan update Android Nougat!

Sayangnya, ketika kamu hendak melakukan update ke Android Nougat, ponsel kamu justru mengalami masalah, entah itu gagal men-download dan menginstall pembaruan tersebut atau justru pembaruan (update) yang kamu nantikan belum tersedia.

Nah, buat kamu yang mengalami masalah tersebut, berikut ini adalah cara mengatasinya:

Jika kamu mengalami masalah yang DroidPoin jelaskan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet yang sedang kamu gunakan, perlu kamu ketahui biasanya koneksi internet memiliki pengaruh yang begitu besar dalam melakukan update via OTA. Jadi, jika ponsel kamu gagal men-download dan menginstall pembaruan tersebut, mungkin terdapat masalah pada koneksi yang sedang kamu gunakan.

Jika koneksi internet kamu tidak mengalami masalah, selanjutnya silakan cek penyimpanan internal pada ponsel Android milikmu, pastikan terdapat cukup ruang untuk melakukan update ke Android Nougat. Biasanya, kamu memerlukan ruang penyimpanan sekitar 1,5 – 2 GB agar update tersebut dapat terinstall pada ponsel Android kamu.

Masih tetap mengalami masalah?

Jika masalah ini tetap berlanjut, mungkin ada baiknya kamu menghapus cache pada ponsel Android kamu melalui Recovery mode. Untuk masuk ke mode recovery, biasanya kamu perlu menggunakan kombinasi tombol Volume Up, Volume Down, Power bahkan tombol Home. (Baca: Cara Masuk ke Recovery Mode di Android)

Setelah itu silakan pilih opsi Wipe > Cache, jika sudah silakan reboot ponsel Android kamu dan coba kembali lakukan update. Akan tetapi, jika kamu takut untuk menghapus cache pada ponsel Android kamu melalui Recovery mode, kamu bisa lakukan Factory Reset. (Baca: Cara Melakukan Factory Reset pada Android)

Tetap tidak bisa?

Hmmmm, jika tetap tidak bisa berarti masalah yang kamu hadapi terletak pada pendistribusian Android. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan jika hal ini terjadi adalah bersabar. Yup, tunggu perbaikan dari OEM Android yang bersangkutan untuk kamu yang mengalami masalah ini, seperti yang terjadi pada perilisan update Android Nougat untuk seri Xperia XA dan XA Ultra beberapa waktu yang lalu. (Baca: Update Android Nougat untuk Xperia XA dan XA Ultra di Hentikan?)

Nah, itulah beberpaa cara untuk kamu yang mengalami masalah saat melakukan update ke Android Nougat. Semoga bermanfaat 🙂

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.