Home Editorial 10 Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Beralih Ke Android

10 Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Beralih Ke Android

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Mungkin kamu sedang berencana untuk beralih ke smartphone baru, mengapa tidak mempertimbangkan smartphone Android? Ya, Android menawarkan banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform smartphone lain.

Jika kamu beralih ke Android, kemungkinan kamu adalah pengguna iPhone atau pengguna Windows 10 Mobile. Mungkin kamu sudah bosan dengan sistem operasi iOS yang kaku dan nggak bisa diapa-apain, atau kamu pengguna Windows 10 Mobile yang sudah tidak punya pilihan lagi karena Windows 10 Mobile sudah tidak jadi fokus Microsoft lagi.

Lalu mengapa pilih Android? Berikut ini adalah 9 alasan mengapa sebaiknya kamu beralih ke Android.

 

Banyak Pilihan Merk

Untuk kamu yang suka dengan banyak pilihan, dunia Android adalah surga untukmu. Mulai dari produsen kenamaan seperti Samsung, Asus, Xiaomi, LG, dan lain-lain hingga produk lokal yang murah meriah, semua ada.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Bukan cuma pilihan hardware saja, bahkan sistem operasi Android di setiap produsen juga punya fitur dan keunikan tersendiri. Misalnya Samsung dengan TouchWiz atau Xiaomi dengan MIUI. Pokoknya banyak banget pilihan yang bisa kamu pilih.

 

Banyak Produk Dengan Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan iPhone yang selalu dibanderol dengan harga sangat mahal, produsen smartphone Android banyak yang menawarkan produk dengan spesifkasi yang mirip namun dengan harga yang lebih murah dari iPhone.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Bahkan jika kamu memang benar-benar hanya punya uang pas-pasan, membeli smartphone Android adalah keputusan yang bijak. Misalnya saja Xiaomi Mi A1 yang punya fitur kamera ganda mirip iPhone 7 Plus, bisa kamu dapatkan cukup dengan harga 3 jutaan saja. Di Android, rentang harga smartphone sangat beragam, mau cari flagship yang harganya mahal ada, cari ponsel murah meriah dengan budget tipis dan ringan juga ada.

 

Banyak Aplikasi

Jika sebelumnya kamu adalah pengguna Windows 10 Mobile. Kamu bakal tercengang karena jumlah aplikasi Play Store yang sangat melimpah. Dari aplikasi gratis sampai berbayar, dari yang terkenal sampai tidak dikenal, semua ada. Bisa dibilang aplikasi apapun yang kamu butuhkan, cari di Google Play, dan kamu akan menemukannya, lengkap dengan deretan aplikasi alternatif lainnya.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android
via Pexels

Jangan heran jika ada banyak aplikasi di Google Play, memegang status sebagai sistem operasi mobile terpopuler di dunia, developer tentu berlomba-lomba merilis aplikasi untuk Android mengingat potensi keuntungannya yang besar.

 

Beli Aplikasi Pakai Potong Pulsa

Kamu ingin membeli aplikasi secara legal di Google Play Store? Kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah, karena Play Store sekarang sudah mendukung pembayaran dengan potong pulsa.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

 

Pembayaran dengan pulsa tentu saja jauh lebih mudah daripada menggunakan kartu kredit, apalagi untuk para pengguna smartphone dari Indonesia. Dengan metode pembayaran yang mudah, upaya pembajakan juga bisa ditekan. Kalau sudah begini, baik developer atau pengguna Android akan diuntungkan.

 

Banyak Fitur Canggih

Ingin smartphone yang punya banyak inovasi dan fitur canggih? Ada banyak smartphone Android yang bisa kamu pilih. Mulai dari inovasi dari sisi hardware hingga software, perkembangan smartphone Android sangat cepat.

Beragam fitur seperti fast charging, desain layar tanpa bezel, USB OTG, teknologi dual kamera, dan lain-lain bisa kamu dapatkan dengan berbagai rentang harga dan dari berbagai pilihan brand.

Dari sisi software, beragam fitur seperti true multitasking, widget, multi user, dan lain-lain sudah ada di Android.

 

Open Source

Dengan sistem operasi Android yang open source, semua orang bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu memiliki skill tersebut, kamu bahkan bisa mengembangkan Custom ROM Androidmu sendiri.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Kamu pasti sudah mengenal CyanogenMod kan? Sistem operasi tersebut dikembangkan dari Android. Bahkan ketika Cyanogen, Inc sudah menghentikan dukungannya, munculah LineageOS yang merupakan fork dari CyanogenMod.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Masih ingat dengan Nokia X? Nokia mengembangkan sistem operasi Nokia X dari Android juga. Nokia bahkan memberikan nama sistem operasi ini dengan nama “Nokia X software platform” dan cenderung menghindari nama “Android” meskipun dikembangkan dari Android. Keren kan? Itulah fleksibilitas yang ditawarkan oleh Android.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

 

Mudah Dioprek Sendiri

Mungkin kamu yang hanya pengguna biasa tidak begitu memanfaatkan manfaat dari open source. Ya, selama smartphone Android bisa bekerja dengan baik dalam memenuhi kebutuhan, itu sudah lebih dari cukup.

Namun jika kamu adalah seorang geek user yang suka oprak-oprek, kamu bisa mengoprek Android sesuka hati. Banyak tutorial yang bertebaran di dunia maya. Jika tidak ada tutorial yang kamu inginkan, mungkin kamu tertantang untuk melakukan oprek sendiri dan menjadi yang pertama di dunia.

Gak suka dengan ROM bawaan pabrikan? Ganti dengan custom ROM lain yang banyak tersedia. Oprak oprek sesuka hatimu, kamu bisa memilih custom ROM yang sesuai dengan keinginanmu. Meskipun berisiko kehilangan jaminan garansi resmi dari pabrikan, tetapi oprek-oprek Android ini sangat seru dan menyenangkan, dan seringkali bisa menikmati experience baru tanpa harus membeli smartphone baru.

Hal ini berbeda dengan iOS dan Windows 10 Mobile yang memang ekosistem platformnya lebih tertutup.

 

Banyak Dukungan Komunitas

Bingung karena punya banyak masalah dalam menggunakan smartphone? Jika kamu pakai Android, maka kamu akan bisa menemukan banyak sekali komunitas, baik di dunia nyata maupun di dunia maya yang membahas beragam tips, tutorial bahkan hingga troubleshooting Android.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Selain komunitas Android secara umum, biasanya selalu ada komunitas yang memang dikhususkan untuk salah satu produsen. Salah satu komunitas yang terkenal di Indonesia adalah Mi Fans Indonesia atau MIUI Indonesia

 

Pasar Developer

Kalau kamu ingin jadi developer aplikasi smartphone, tentu saja kamu tidak boleh mengabaikan Android. Pasar aplikasi Android, khususnya di Indonesia, punya peluang yang sangat besar. Membeli smartphone Android tentu membuat proses belajar kamu menjadi lebih mudah daripada hanya sekedar menggunakan emulator.

Apalagi kamu tidak akan kesulitan untuk mencari sumber bahan belajar yang berbahasa Indonesia. Banyak pengembang aplikasi Android yang pada akhirnya juga ikut menulis buku cara membuat aplikasi Android. Kamu bisa menemukannya dengan mudah.

Inilah 9 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Android

Bahkan Google mengadakah Indonesia Android Kejar, yang membantu banyak orang agar bisa belajar membuat aplikasi Android secara gratis. Kamu bisa mendaftar sebagai peserta atau fasilitator dan berkontribusi dalam pembentukan iklim developer Android di Indonesia.

 

Cocok Dipakai di Indonesia

Jika ada sistem operasi mobile yang cocok banget dipakai di Indonesia, itu adalah Android. Apple dan Microsoft memang rajin memamerkan betapa cerdasnya Siri dan Cortana, tetapi apakah kedua smart assistant tersebut mendukung Bahasa Indonesia? Tidak. Tetapi smart assistant milik Google yaitu Google Now bisa kamu ajak berinteraksi dalam Bahasa Indonesia. Kamu bisa bertanya dalam Bahasa Indonesia, memerintah dalam Bahasa Indonesia, dan menariknya, Google Now juga mampu merespon dalam Bahasa Indonesia.

Bagaimana, tertarik untuk segera beralih ke Android? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.