Home Editorial Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!

Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!

Google Resmi Rilis Android Oreo 'Go Edition'

Beberapa waktu yang lalu, Google resmi merilis versi Android terbaru yakni Android 8.1 Oreo, tapi tidak hanya itu! Yup, disamping perilisan update Android terbaru, Google juga memperkenalkan program Android Go.

Nah, buat kamu yang ketinggalan informasi ataupun yang ingin mengetahui program Android Go lebih dalam, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Android Go:

Apa itu Android Go?

Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!
via Android

Android Go merupakan program baru dari Google, program ini bertujuan untuk menciptakan ponsel Android dengan spek rendah tetapi tetap dapat menjalankan versi Android terbaru dengan lancar tanpa masalah.

Pada program Android Go, Google menjelaskan bahwa ada 3 hal penting yang menjadi tumpuan pada pada program ini yakni OS, Google Apps dan Play Store.

  • OS Android Oreo ‘Go Edition’

Pada Android Go, Google menjadikan Android Oreo sabagai basis utama untuk OS-nya. Walaupun Android Oreo merupakan OS terbaru yang baru saja dirilis oleh Google beberapa waktu yang lalu, tapi dengan sudah dioptimalkannya OS ini untuk ponsel low-end (Go Edition), maka ponsel yang memiliki spesifikasi rendah dengan RAM 1GB atau kurang dari itu dapat tetap menjalankan Android Oreo di perangkatnya.

Google juga menambahkan bahwa OS Android Go mampu menjalankan aplikasi 15% lebih cepat dibandingkan dengan Android lainnya (kemungkinan besar Android Oreo versi reguler yang diterima oleh ponsel Android kebanyakan).

  • Aplikasi

Sama seperti OS, Google juga menyiapkan aplikasi tersendiri pada Android Go yang mana memang sudah benar-benar dioptimalkan, sehingga tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi RAM dan penyimpanan pada perangkat Android yang kamu gunakan.

Dari info yang DroidPoin dapatkan, aplikasi pada Android Go sudah Google optimalkan hingga sedimikan rupa, yang mana nantinya akan membuat aplikasi yang terinstall memiliki ukuran yang kecil dan ringan, kabarnya ukuran aplikasi pada Android Go sudah Google sempurnakan sehingga nantinya akan mengkonsumsi ruang lebih sedikit yakni hingga 30-50%.

  • Play Store

Apa sih yang menjadi kelebihan Android di bandingkan yang lainnya? Yup, betul sekali, salah satu kelebihan yang ada pada Android adalah Play Store.

Demikian pula pada Android Go, Google tetap memberikan Play Store versi penuh untuk program ini, hanya saja kamu akan mendapatkan beberapa aplikasi yang sudah di optimalkan dan tampaknya ada rekomendasi tersendiri untuk aplikasi yang akan terpasang pada program Android GO, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!
via Android

 

Kapan Android Go Dirilis?

Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!
via Android

Program Android Go sudah diresmikan oleh Google dan tersedia saat ini juga, kita hanya tinggal menunggu saja para OEM merilis perangkat dengan Android Go dalam waktu beberapa bulan ke depan.

 

Dimana Android Go akan Dijual?

Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!
via Android

Dari info yang DroidPoin terima, Android Go kabarnya akan tersedia di seluruh belahan dunia, sama seperti Android One. Akan tetapi, program ini akan dikhususkan untuk negara berkembang seperti India. Jadi, jangan heran jika nantinya akan lebih banyak opsi perangkat Android Go pada negara berkembang seperti India dan mungkin Indonesia.

 

Kekurangan Android Go

Nah, sekarang DroidPoin akan membahas beberapa kekurangan pada program Android Go. Memang belum ada informasi resmi mengenai hal ini, akan tetapi dari beberapa beta tester yang sudah menguji Android Go ada beberapa kekurangan yang begitu terasa, misalnya saja pada aplikasi Chrome di Android.

Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Data Saver pada Chrome Android tak akan bekerja jika berada padaΒ secure pages
  • Data Saver pada Chrome tak akan bekerja pada mode Incognito
  • Pada beberapa website gambar akan terlihat kabur
  • Kemungkinan besar kamu tak bisa melakukan sign-in menggunakan data seluler
  • Serta permasalahan lainnya

Nah, itulah gaes beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang Android Go yang sudah resmi dirilis oleh Google beberapa waktu yang lalu.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.