Home Smartphone Tutorial Membuat Efek Stage Light Ala iPhone X Hanya Pakai Snapseed

Tutorial Membuat Efek Stage Light Ala iPhone X Hanya Pakai Snapseed

Tutorial Membuat Efek Stage Light Ala iPhone X Hanya Pakai Snapseed

Stage Light dan Stage Light Mono merupakan efek kamera yang menjadi salah satu nilai jual utama di iPhone 8+ dan iPhone X. Efek ini memberikan latar belakang gelap yang seolah membuatmu berada pada sesi pemotretan di studio. Saat artikel ini dibuat, belum ada aplikasi Android di Play Store yang mampu memberikan efek ini secara otomatis layaknya kamera iPhone 8+/X. Bahkan Google Pixel 2 yang bisa memberikan efek bokeh jauh lebih baik dari Apple juga tidak bisa menirukan efek ini. Eits, tapi ternyata dengan sedikit melakukan editing di aplikasi Snapseed, kamu bisa membuat sendiri efek ini!

NB: Pastikan  subscribe channel Kepoin Tekno  agar tidak ketinggalan tips menarik seperti ini.

Pertama download dan buka Snapseed, lalu pilih foto/gambar yang ingin kamu edit. Oh ya, foto dengan latar belakang yang gelap lebih gampang untuk diedit, tapi latar belakang terang juga tidak masalah. Dalam contoh ini saya memakai foto dengan latar belakang terang.

Lalu pada menu Tools, pilih Brush. Dari tool brush tadi pilih efek Exposure, lalu turunkan exposurenya menjadi -1.0 dengan menekan tombol panah bawah. Terapkan brush pada latar belakang foto. Jika kamu tanpa sengaja mencoret bagian yang tidak ingin dihitamkan, kamu bisa menghapusnya dengan menaikkan exposure sampai tulisannya menjadi eraser. Baru deh hapus bagian yang tak ingin kamu coret. Untuk melihat bagian mana saja yang sudah kamu hitamkan, kamu bisa menekan tombol mata di pojok kanan bawah.

Kamu mungkin bisa langsung melihat hasilnya jika latar belakangmu memiliki warna dasar gelap, tapi jika latar belakangmu terang, kamu bisa menerapkan efek brush tadi dengan menekan tombol centang, lalu mengulangi proses tadi sampai latar belakang benar-benar jadi hitam. Perlu diingat, hitamkan dengan perasaan ya.

Setelah kamu merasa puas, sekarang pertajam sedikit fotonya dengan menambahkan sedikit ketajaman di tool Details, tapi ini merupakan langkah opsional jika fotomu tidak tajam.

Langkah selanjutnya adalah memberikan efek kontras yang ada di tool Curve. Efek yang saya pilih disini adalah Soft Contrast, karena saya merasa hasilnya jadi semakin mirip seperti yang ada di iPhone 8+/X. Lagi, ini merupakan langkah opsional, setiap foto membutuhkan efek yang berbeda tergantung kameranya. (Saya pakai kamera Xiaomi Redmi Note 3, jadi you know lah hasil jepretannya kayak gimana *nangis di pojokan*).

Sekarang untuk stage light mono, kamu tinggal menuju tool Black & White, lalu pilih Contrast. Turunkan sedikit contrastnya hingga sekitar +5 sehingga tidak mengganggu efek sebelumnya. Jadi deh!

Kere adalah kata dasar dari kereatif. Hanya dengan modal smartphone satu jutaan kamu bisa menirukan smartphone berharga puluhan juta. Prosesnya memang sedikit lebih ribet, tapi coba pikirkan mana yang lebih sulit, cari duit 19 juta++ atau mengikuti proses ini? Toh kamu juga tidak langsung berhasil lho kalau pakai iPhone.

Bagaimana menurutmu? Jika kamu berhasil mengikuti tutorial ini atau kamu tahu aplikasi yang juga bisa memberikan efek semacam ini, jangan lupa bagikan disini ya!

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.