Home Editorial Apa itu Chromebook?

Apa itu Chromebook?

Apa itu Chromebook?
via Acer

Mungkin diantara kamu disini pernah mendengar kata Chromebook atau bahkan sudah memiliki perangkat tersebut. Tapi, DroidPoin yakin jika diantara kamu disini ada yang masih asing dengan Chromebook. (Baca: Ubah Laptop Tua Kamu Menjadi Chromebook (Full Tutorial))

Nah, sebenarnya apa sih Chromebook itu? Apakah sama dengan Notebook yang ada dipasaran selama ini? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba memberikan penjelasan sedetail mungkin mengenai apa itu Chromebook.

Chromebook, merupakan gabungan dari dua kata yakni Chrome dan book. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kata Chrome. Yup, Chrome merupakan browser andalan Google, browser tersebut kini menjadi browser nomor satu. Selain performa yang cepat, Chrome juga memiliki tampilan yang menarik.

Chromebook merupakan sebuah notebook yang menggunakan Chrome OS milik Google. Buat kamu yang belum tahu, Chrome OS sudah dioptimalisasi sedemikian rupa sehingga jika kamu berselancar di internet maka performanya menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Selain itu, Chrome OS juga yang memiliki beberapa lapisan keamanan, penyimpanan cloud, dan produk Google yang paling populer dan terbaru. Sehingga, Chromebook sangatlah cocok untuk kamu yang pekerjaannya tidak lepas dari internet.

Apa itu Chromebook?
via Acer

Buat kamu yang bekerja di kantor atau jika kamu adalah seorang desain grafis, Chromebook bukan pilihan yang tepat karena Chrome OS tidak mendukung aplikasi yang ada di Windows misalnya saja Microsoft Office, Corel Draw dan aplikasi populer yang biasa kamu pakai di OS Windows lainnya. Tapi itu dulu, seperti yang sudah DroidPoin jelaskan sebelumnya kini Chromebook sudah bisa menginstall aplikasi Android dan bahkan Windows sekalipun dengan bantuan dari CrossOver.

Baca juga:

Tapi tetap saja, menurut pendapat DroidPoin Chromebook sangatlah tidak cocok untuk kamu yang bekerja di kantor atau jika kamu adalah seorang desain grafis dikarenakan spesifikasi serta OS yang digunakan bukanlah untuk pekerjaan seperti yang DroidPoin sebutkan tadi.

Untuk spesifikasinya sendiri Chromebook termasuk notebook dengan spesifikasi yang cukup bersaing dengan notebook Windows, bahkan ada beberapa Chromebook versi terbaru kabarnya memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan notebook Windows kelas menengah. Tapi, perlu kamu tahu, biasanya prosesor yang digunakan pada Chromebook bukanlah prosesor wahid seperti notebook dengan OS Windows dikarenakan kebutuhan pengguna Chromebook lebih terbatas jika dibandingkan OS Windows.

Dengan spesifikasi yang bisa dibilang cukup standar, Chromebook dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan laptop Windows pada umumnya. Biasanya, Chromebook dibanderol dengan harga antara $100-300 atau sekitar Rp 1,5-4 jutaan tergantung spesifikasi yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu gak punya dana, ya gak usah bingung karena kamu bisa kok install Chromebook di laptop Windows milikmu dan caranya sudah pernah dibahas oleh tim WinPoin beberapa waktu lalu.

Tapi sangat disayangkan sekali, semakin lama market Chromebook semakin berkurang dikarenakan semakin populernya Android, terlebih kebanyakan orang lebih memilih tablet Android dibandingkan Chromebook. Selain itu, Microsoft juga baru saja merilis OS baru yakni Windows 10 S untuk menggempur pangsa Chromebook yang memang sudah sangat tipis.

Baca juga:

So, apakah diantara kamu disini ada yang tertarik untuk membeli Chromebook? Jika kamu memiliki tambahan informasi lainnya mengenai Chromebook silakan berikan di kolom komentar.

  Pake PopBox Locker, Enak Nggak Sih?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.