Cara Menambahkan dan Menghapus Video dari Daftar "Tonton Nanti" di YouTube (Android)

Zaman sekarang, orang-orang tampaknya lebih senang melakukan streaming ketimbang menyimpan lagu, video dan yang lainnya. Contoh nyatanya adalah menonton video di YouTube atau streaming film-film di Netflix dan bahkan sampai mendengarkan lagu pun di Spotify.

Padahal seperti yang kamu tahu, dengan melakukan streaming sepanjang waktu kamu dapat menghabiskan kuota internet kamu lebih cepat. Nah, maka dari hal itu, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan beberapa tips yang mungkin akan mengurangi penggunaan kuota internet milikmu.

So, tak perlu berlama-lama, berikut ini adalah beberapa tips dari DroidPoin mengenai menghemat kuota internet ketika kamu melakukan streaming:

1. Pastikan kamu menurunkan kualitas video / audio ke standar

Cara Mengubah Resolusi Video di Aplikasi Youtube

Inilah yang menjadikan YouTube atau bahkan aplikasi streaming video lainnya menghabiskan kuota internet milikmu lebih cepat. Yup, masalahnya terletak pada kualitas video / audio yang akan kamu rasakan.

Contohnya YouTube, mereka akan menggunakan kualitas video standar miliknya terkadang 1080p (Full HD) dan juga 720p (HD), padahal kamu bisa mendapatkan gambar yang lumayan jernih hanya dengan menontonnya di 480p (SD). (Baca: Cara Mengubah Resolusi Video di Aplikasi Youtube)

Jadi, sebelum melakuakn streaming (menonton video ataupun mendengarkan audio), pastikan kamu sudah mengaturnya ke tingkat yang paling standar.

 

2. Manfaatkan jaringan Wi-Fi

Kalo kamu adalah orang yang lebih suka streaming, DroidPoin sarankan kamu untuk lebih sering memanfaatkan Wi-Fi. Selain mendapatkan koneksi yang stabil, kamu juga akan mendapatkan speed internet yang kencang.

Apalagi, sekarang spot Wi-Fi di Indonesia sudah cukup merata atau jika kamu sulit menemukan Wi-Fi kamu bisa coba aplikasi sejenis Wi-Fi Finder atau Wifi Analyzer untuk menemukan ketersediaan koneksi Wi-Fi di sekitar wilayah kamu.

 

3. Simpan video atau audio yang sering diputar

Kamu sering memutar video tersebut berulang-ulang? Atau mungkin kamu sering mendengarkan lagu tersebut setiap saat? Nah, ada baiknya ketika kamu sedang menggunakan jaringan Wi-Fi, simpan video atau lagu tersebut ke perangkat kamu. (Baca: Cara Menonton Video YouTube secara Offline)

Sehingga nantinya ketika kamu hendak memutarnya kembali, kamu tak perlu memerlukan koneksi internet (kuota).

4. Gunakan Aplikasi

Kuota Internet di Androidmu Cepat Habis? Gunakan Saja Opera Max

Masih kurang hemat? Jika ingin lebih berhemat lagi, kamu bisa gunakan aplikasi data saver seperti Opera Max. Aplikasi tersebut akan menghemat kuota internet kamu sekitar 40-50% dikarenakan sebelum menonton atau mendengarkan konten data yang ada pada ponsel kamu akan dialihkan ke server milik Opera dan nantinya data tersebut akan dioptimalkan sedemikian mungkin agar lebih hemat.

Tidak hanya itu, Opera Max juga akan mengatur kualitas audio ataupun video yang hendak kamu putar menjadi kualitas standar. Sehingga kamu tak perlu mengatur atau menurunkan kualitas audio ataupun video yang hendak kamu putar terlebih dahulu.

Nah, itulah gaes, beberpa tips dari DroidPoin agar kamu dapat menghemat kuota internet milikmu. Semoga bermanfaat 🙂

  OnePlus 6 vs OnePlus 5T  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.