Apakah Ini Saat yang Tepat untuk Mencoba Android 8.0 Oreo?

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, sehingga sangatlah wajar jika Android menjadi target utama para hacker dan kejahatan cyber belakangan ini. Tentunya, sebagai pengguna Android kamu tak ingin hal tersebut terjadi kepada dirimu.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Maka dari hal tersebut, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan berikan beberpa tips agar Androidmu tetap aman!

Salah satu alasan mengapa para hacker dan kejahatan cyber menjadikan Android sebagai target utama adalah karena pendistribusian update Android yang terbilang lambat dan juga tidak tidak semua update hadir menyeluruh ke perangkat Android. Bahkan, beberapa vendor ponsel Android terkenal cukup malas memberikan security update apalagi jika ponsel tersebut sudah berumur lebih dari 2 tahun.

Update Nougat untuk Sony Xperia XA dan XA Ultra Resmi Tersedia di Asia Tenggara — Termasuk Indonesia!

Nah, maka dari hal tersebut, rajin-rajinlah melakukan update pada ponsel kamu! Terutama jika perangkat Android kamu mendapatkan update system (OS Android) terbaru atau hanya sekedar security update bulanan. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup pergi ke Settings > About device, setelah itu pilih Software Update > Check for updates, tunggu beberapa saat hingga ada informasi terbaru seputar update software untuk perangkat kamu.

 

Update juga aplikasi yang terinstal di smartphone kamu

Cara Mengubah Pengaturan Update Aplikasi di Play Store

Jika perangkat kamu sudah berada pada posisi software paling up-to-date, selanjutnya kamu silakan coba update aplikasi kamu. Sama seperti OS, aplikasi pun perlu kamu update karena akan memberikan celah keamanan jika seandainya terlalu lama kamu biarkan.

Jika kamu malas, maka kamu cukup pastikan bahwa aplikasi kamu akan melakukan update secara otomatis jika ponsel kamu terhubung langsung dengan Wi-Fi.

Bagaimana jika ponselmu sudah tak mendapatkan update?

ROM LineageOS Mendukung Beberapa Perangkat Baru, Inilah Daftarnya!
via AndroidPIT

Inilah masalah sebenarnya pada ekosistem Android, hanya dalam kurun waktu sekitar 24-30 bulan ponsel kamu akan ditinggalkan begitu saja tanpa adanya update keamanan. Nah, untuk mengatasi hal ini, maka kamu bisa coba install custom ROM pada ponsel Android milikmu.

Tapi, perlu kamu tahu, dengan menginstall custom ROM pada perangkat Android, maka celah keamanan justru menjadi jauh lebih lebar dan kamu akan mendapati resiko seperti bootloop, brick dan lain-lain. Akan tetapi, jika kamu tidak melakukan hal yang aneh-aneh maka hal tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi ponsel kamu.

 

Tidak ada custom ROM untuk perangkat Android milikmu?

Jika demikian, satu-satunya cara adalah dengan menjual perangkat Android kamu. Yup, kamu akan mendapatkan sedikit modal tambahan untuk membeli perangkat baru dan tentunya kamu harus temukan model yang sesuai, bukan hanya dari harga saja. Tetapi semua element mulai dari desain, fitur, spesifikasi dan lain-lain harus kamu tentukan.

Tentunya, nanti DroidPoin akan berikan beberpa tips untuk membeli smartphone Android terbaik untuk kamu. Jadi, pastikan kamu untuk selalu mengujungi DroidPoin yah! 🙂

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.