Google Lens merupakan fitur baru Android yang diperkenalkan pada event Google I/O 2017. Google Lens merupakan AI yang mampu membantumu untuk mengenali tempat, karya seni, cover buku, film, album musik, video game hingga teks dan link pada foto. Cukup menjanjikan bukan? Namun seperti apakah kemampuannya saat benar-benar dicoba di lapangan?

Google Lens saat ini hanya tersedia di smartphone Google Pixel, namun dengan sedikit otak atik saya berhasil menggunakannya di Xiaomi Redmi Note 3 (saya tuliskan tutorialnya di lain waktu). Satu hal yang langsung saya rasakan dari Google Lens adalah: Cepat. Sistem analisa fotonya sangat cepat meskipun menggunakan koneksi internet yang pas-pasan. Cara untuk menjalankan Google Lens juga simpel. Buka foto, lalu klik ikon Google Lens di bawah. Sudah.

Database Google yang luar biasa besar juga membantu mengenali berbagai foto dan cover album lagu yang bahkan tidak terkenal sekalipun. Namun informasi yang diberikan belum tentu 100% maksimal. Tergantung ketersediaan informasi yang diunggah di Internet. Untuk pengenalan merk Google Lens sudah sangat baik. Bisa memberikan link dan informasi yang sesuai dengan merk tersebut. Kalaupun gambar tersebut tidak ada di Internet, Google Lens akan memberikan gambar dengan jenis serupa.

Dek Tzuyu cantik ya.

Namun Google Lens tidak mampu mengenali wajah. Entah karena alasan privasi atau yang lain, Google Lens tidak bisa memberikan informasi tentang wajah seseorang, meskipun itu adalah wajah artis yang informasinya tersebar luas di Internet. Selain itu, Google Lens juga agak kesulitan mengenali tempat di Indonesia. Namun saya bisa memaklumi, karena dasarnya Google Lens adalah fitur Google Pixel/Pixel 2/XL yang tidak tersedia di Indonesia.

Kesimpulan

Google Lens memiliki performa yang sangat bagus dan cukup membantu. Pengenalan informasi, text, link, dan barcode yang akurat, analisa yang cepat, serta database yang luar biasa besar merupakan kelebihan Google Lens. Sedangkan kekurangan utama dari Google Lens hanyalah ketersediaan yang amat sangat terbatas. Google Lens merupakan fitur yang seharusnya ada di semua jenis smartphone.

Saya yakin semua smartphone seharusnya bisa menjalankan fitur ini karena Google Lens terintegrasi dengan Google Photos dan sangat ringan. Meskipun kamu bisa mengaktifkannya dengan paksa, kamu masih belum bisa membuat Google Lens terintegrasi dengan Google Assistant seperti yang ada di Google Pixel.

Bagaimana menurutmu? Apakah diantara kamu ada yang sudah pernah memakai Google Lens? Bagikan juga pengalamanmu disini ya!

  Poco F1 vs Mi 6x vs Huawei Nova 3i  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.