Home News Bersama Qualcomm — Nokia Hingga Xiaomi Siap Rilis Ponsel 5G!

Bersama Qualcomm — Nokia Hingga Xiaomi Siap Rilis Ponsel 5G!

via Network World.com

Dunia segera memasuki era koneksi internet 5G. Para pelaku industri teknologi telah menyiapkan berbagai rencana untuk mengadopsi 5G. Misalnya Qualcomm yang telah menggandeng berbagai pabrikan.

Qualcomm saat ini telah bekerjasama dengan 18 Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk merilis perangkat dengan modem Qualcomm Snapdragon X50 5G NR (New Radio) pada tahun 2019 mendatang.

Ke-18 pabrikan yang telah bekerjasama tersebut diantaranya adalah Nokia / HMD Global, Sony, Xiaomi, Oppo, Vivo, HTC, LG, Asus, ZTE, Sharp, dan Fujitsu.

Mereka semua nantinya akan menyiapkan perangkat, baik itu smartphone ataupun tablet dengan koneksi 5G, dan dijual secara komersil.

Raksasa lain seperti Apple, Huawei, maupun Samsung tidak ikut serta dalam kesepakatan ini. Huawei dan Samsung sendiri biasanya memilih mengembangkan sendiri seperti halnya pada 4G LTE terdahulu.

Selain mengumumkan pabrikan yang akan bekerjasama, Qualcomm juga mengumumkan operator-operator yang mendukung modem Snapdragon X50 5G NR dalam pengujian 5G pada tahun 2018 ini.

Operator tersebut diantaranya adalah AT&T, British Telecom, China Mobile, Deutsche Telekom, Orange, SK Telecom, Sprint, Telstra, Verizon, dan Vodafone.

Modem Snapdragon X50 5G NR mempunyai keunggulan kecepatan hingga 5 gigabit per detiknya, berjalan pada pita gelombang 28 GHz, dan bandwith hingga 800 MHz via 8×100 MHz carrier aggregation.

Saat ini lembaga 3GPP yang mengatur standarisasi seluler, telah menyepakati standar yang digunakan dalam 5G. Spesifikasinya, 5G akan mencakup mulai dari frekuensi 600 dan 700 MHz hingga spektrum tinggi 50 GHz.

Pada era 5G, pengguna akan bisa merasakan sensasi virtual reality, augmented reality, hingga extended reality yang lebih memuaskan dengan koneksi yang lebih cepat. Pengguna juga bisa merasakan akses video UHD dan video 360-derajat yang cepat. Koneksi 5G dikatakan mampu bersaing dengan kecepatan yang ditawarkan oleh kabel fiber optic.

Teknologi 5G ini diharapkan sudah mulai dikomersialkan pada tahun 2019 mendatang.

So, kita tunggu saja kehadiran smartphone 5G dari para produsen tersebut ya.

via The Verge, Qualcomm

Televisi dan Gadget. Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi. Email: indrakrisnadi(at)hotmail.com