Review Android 8.1 Oreo: Versi Android yang Patut Dicoba!

Seperti yang kamu tahu, beberapa waktu lalu Google sudah merilis update terbaru untuk Android yakni dengan meluncurkan Android 8.1 Oreo. Update ini bisa dibilang hanyalah update kecil dan penyempurna dari versi Android yang sebelumnya yakni Android 8.0 Oreo yang dirilis pada bulan Agustus tahun lalu. (Baca: Update Android 8.1 Oreo Resmi Dirilis, Inilah Daftar Fitur Barunya!)

Nah, buat kamu yang penasaran dengan Android 8.1 Oreo, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan berikan reviewnya. Perlu kamu tahu, Android 8.1 Oreo yang DroidPoin gunakan berbasis dari AOSP (menggunakan stock ROM) sehingga tampilannya memang sangat mirip sekali dengan ponsel milik Google (Nexus dan Pixel)

So, buat yang sudah penasaran hasilnya, berikut adalah review dari Android 8.1 Oreo:

1. Performa Android 8.1 Oreo

Review Android 8.1 Oreo: Versi Android yang Patut Dicoba!

Tentu saja hal yang akan kita bahas pertama kali mengenai Android 8.1 Oreo adalah performa. Untuk performanya sendiri tidak ada peningkatan yang begitu berarti, walaupun sebenarnya Android 8.1 Oreo ini sudah dioptimalkan untuk perangkat dengan spesifikasi low-end. Pada Android 8.1 Oreo kamu tetap bisa melakukan berbagai hal mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun tanpa mengalami lag seperti misalnya browsing, multitasking hingga gaming.

Tapi, ada satu hal yang DroidPoin begitu kagumi dari Android 8.1 Oreo ini. Yup, betul sekali, apalagi kalo bukan masalah proses booting yang begitu cepat!

Jika biasanya, Android memerlukan waktu sekitar 30 detik atau setengah menit untuk melakukan proses booting, maka di Android 8.1 Oreo proses reboot berlangsung 2X lebih cepat yakni hanya sekitar 15 detikan saja.

NB: Lebih suka melihat review Android Oreo 8.1 dalam bentuk video? Tonton saja videonya berikut ini. Pastikan subscribe Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan info menarik lain seputar teknologi seperti ini.

 

2. Tampilan Android 8.1 Oreo

Cara Mengaktifkan Mode Landscape di Android

Yang kedua, DroidPoin akan membahas mengenai tampilan Android 8.1 Oreo. Jika kamu sebelumnya sudah menggunakan Android 8.0 Oreo, maka tampilannya tidaklah berbeda jauh. Akan tetapi, jika kamu sebelumnya adalah pengguna Android 7.0 Nougat maka perubahan tampilan terasa begitu banyak.

Hal ini tak terlepas dari fitur Fluid Experiences yang ditanamkan oleh Google di Android 8.0 Oreo. Sebagai tambahan informasi untuk kamu, Fluid Experiences bisa dibilang merupakan salah satu cara baru dari Google untuk membuat kamu semakin produktif dengan menghadirkan beberapa elemen baru pada Android Oreo seperti misalnya Picture-in-Picture, Smart Text Selection, Auto-Fill dan juga Notification Dots.

Perubahan yang paling terasa, terletak pada menu utama di Android dan juga menu Setelan (Settings) yang mana opsi pengaturannya kini kian sedikit.

 

3. Fitur Android 8.1 Oreo

Aplikasi yang Mendukung Picture-in-picture Mode di Android Oreo

Semua fitur yang ada di Android 8.1 Oreo berjalan dengan begitu baik, termasuk fitur-fitur utama yang sudah ada pada versi Android sebelumnya seperti Picture-in-Picture, Smart Text Selection, Auto-Fill dan juga Notification Dots.

Nah, selama DroidPoin menggunakan Android 8.1 Oreo hampir 1 bulan, tidak ada permasalah dari berbagai fitur yang ada di Android 8.1 Oreo. Hanya saja ada hal yang perlu kamu tahu, tidak semua fitur yang ada pada Android Oreo bisa kalian nikmati misalnya saja Project Treble yang mana memerlukan ruang penyimpanan tersendiri dan juga hal tersebut tergantung dari OEM ponsel yang kamu gunakan.

 

4. Bugs dan Masalah Android 8.1 Oreo

Review Android 8.1 Oreo: Versi Android yang Patut Dicoba!

Jujur saja, selama DroidPoin menggunakan Android 8.1 Oreo hampir 1 bulan sebenarnya tidak ada masalah berarti yang DroidPoin temui baik itu pada hardware ataupun software. Ponsel yang DroidPoin gunakan tidak mengalami reboot, baterai yang boros ataupun masalah-masalah lain yang infonya sudah beredar selama ini.

Tapi ada satu masalah yang mana terkadang membuat aplikasi kamera bawaan pada ponsel kamu tidak berfungsi dan sebenarnya masalah tersebut bisa kamu atasi dengan mudah, cukup install aplikasi kamera pihak ketiga dan semuanya akan berjalan dengan normal.

Nah, itulah gaes review mengenai Android 8.1 Oreo, walaupun update ini hanyalah update kecil atau bisa dikatakan penyempurna dari update sebelumnya, tapi Android 8.1 Oreo hadir dengan berbagai perbaikan yang patut kamu coba terutama proses booting yang begitu cepat dan juga tampilan yang bersih, rapi dan simpel tentunya.

Untuk kamu yang punya pertanyaan seputar Android 8.1 Oreo, kamu bisa bertanya langsung di kolom komentar dan untuk kamu yang sudah mencoba Android 8.1 Oreo, jangan sungkan untuk membagikan pendapat kamu mengenai versi Android tersebut. 🙂